Pemkot Kendari Peringati Hari Lanjut Usia Nasional, Bentuk Penghormatan kepada Lansia

Siti Nabila

Reporter

Rabu, 29 Mei 2024  /  8:09 pm

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tingkat Kota Kendari di Puskesmas Kandai. Foto: Siti Nabila/Telisik

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Kesehatan Kota Kendari bersama UPTD Puskesmas Kandai menggelar peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), yang dirangkaikan dengan Gerakan Pengendalian Penyakit Prioritas Tingkat Kota Kendari, Rabu (29/5/2024).

Kegiatan tahunan yang diperingati setiap tanggal 29 Mei ini, dilaksanakan di Puskesmas Kandai, dengan peserta dari Puskesmas Kandai dan Puskesmas Benu-benua.

Dimulai dengan senam bersama, dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan kesehatan serta pemberian paket sembako dari Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) untuk para lansia.

Kegiatan yang dihadiri seratus lansia ini dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Kendari, Sulhaji.

Baca Juga: Pemda Konawe Raih Penghargaan Opini WTP ke-9 Berturut-turut

Sulhaji mengatakan, kegiatan ini diadakan sebagai bentuk apresiasi kepada semua lansia di Indonesia terkhusus di Kota Kendari.

"Acara ini merupakan kegiatan tahunan yang kehadirannya harus terus dilaksanakan sebagai bentuk hormat kepada para orang tua dan adanya gerakan pengendalian penyakit prioritas, ini juga merupakan salah satu program pemerintah untuk mensejahterakan para lansia," ujarnya.

Sulhaji menambahkan, seringkali seorang lansia dicirikan sebagai seseorang yang lemah karena adanya keterbatasan fisik, ini terjadi karena pengaruh usia. Namun perlu digarisbawahi, menjadi lansia adalah suatu hal yang patut disyukuri dan pemerintah hadir agar semua lansia di Kota Kendari dapat lebih produktif, bersemangat, sehat dan unggul.

Kemudian Sulhaji mengajak seluruh masyarakat yang hadir untuk selalu menjaga dan memastikan lansia mendapatkan perawatan yang layak, sehingga mampu mewujudkan lansia di Kota Kendari hidup dengan bahagia bersama keluarga.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kota Kendari, Hasmirah mengatakan, kegiatan kali ini merupakan salah satu program pemerintah untuk

memastikan bahwa lansia mendapatkan perawatan yang layak dan dihormati, sehingga mereka dapat hidup dengan bahagia.

Selain kegiatan ini, juga ada beberapa program khusus yang rutin dilakukan untuk para lansia.

Baca Juga: Kemenkumham jadi Kementerian Terbaik dalam Penerapan SPBE, Raih Digital Government Award

"Program yang saya maksud ialah program Posyandu Lansia, ini rutin kami lakukan untuk para lansia agar mereka dapat mengetahui indikator kesehatannya untuk dapat beraktivitas secara optimal," ucapnya.

Ia berharap dengan adanya program ini, mampu menambah kesejahteraan para lansia dan menjadikan lansia lebih produktif dan sehat.

Sekretaris Camat Kendari, Susianti Hafid, sangat mengapresiasi program pemerintah ini karena menurutnya kesejahteraan lansia merupakan prioritas.

"Menjadi tua itu pasti dan perubahan seperti kondisi kesehatan, pendengaran dan penglihatan tentu semakin hari kian menurun. Olehnya itu, kita harus selalu menjaga dan memberikan yang terbaik dan kita sebagai anak harus memperhatikan kondisi lansia," tutupnya. (A)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS