Pimpinan Umat Katolik Tiga Kabupaten di NTT Positif COVID-19, Begini Kondisinya

Berto Davids

Reporter Kupang

Jumat, 30 Juli 2021  /  8:02 pm

Uskup Ruteng, Mgr. Siprianus Hormat, Pr saat hendak diterbangkan ke Jakarta melalui Bandara Frans Sales Lega menggunakan Ambulance Udara. Foto: Ist.

MANGGARAI, TELISIK.ID - Uskup Dioses Ruteng, Mgr. Siprianus Hormat, Pr dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19, berdasarkan hasil swab rapid test antigen.

Juru bicara Satgas Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Kabupaten Manggarai, Ludovikus Moa, mengatakan, saat ini Uskup Ruteng sudah diberangkatkan ke Jakarta untuk menjalani perawatan di Rumah Sakit Carolus Boromeus.

"Di Jakarta beliau akan dirawat oleh Dokter Spesialis Uskup sampai benar-benar pulih," kata Ludovikus Moa di Ruteng, Jumat (30/7/2021).

Ia pun menjelaskan, awal mula pimpinan umat katolik tiga kabupaten itu terkonfirmasi positif COVID-19 pada Rabu 28 Juli 2021

Kata Ludovikus Moa, Uskup Ruteng mengalami gejala batuk, demam, dan menggigil. Beliau kemudian melakukan rapid test antigen dan hasil pemeriksaan itu Uskup Ruteng terkonfirmasi positif COVID-19.

Menurutnya, sebelum terkonfirmasi positif COVID-19, Uskup Ruteng punya riwayat komorbid penyakit jantung berdasarkan hasil pemeriksaan Dokter khusus Uskup di Jakarta.

Baca Juga: Pemda Salurkan Bantuan PKM pada Masyarakat Buteng

Baca Juga: Karhutla Meluas, 6 Helikopter Dikerahkan Padamkan Lahan Terbakar di Ogan Ilir

Selanjutnya, berdasarkan hasil koordinasi Satgas Manggarai dan Dokter khusus Uskup itu, tambah Ludovikus Moa, ia akhirnya diterbangkan ke Jakarta pada Jumat 30 Juli 2021 melalui Bandara Frans Sales Lega menggunakan Ambulance Udara.

"Bapak Uskup dirawat di Jakarta berdasarkan rekomendasi Dokternya agar kondisinya mudah terpantau dan tertangani dengan baik. Tadi pagi, beliau sudah berangkat menuju Jakarta," tutur Moa.

Ia menambahkan, saat ini kondisi Uskup Ruteng dalam keadaan baik-baik saja dan akan menjalani perawatan untuk batas waktu yang belum ditentukan.

Ia juga memohon doa restu umat katolik agar Uskup Ruteng cepat pulih dari keadaannya sekarang. (C)

Reporter: Berto Davids

Editor: Fitrah Nugraha