Produk Lokal Olahan Masyarakat Ramaikan Expo UMKM Wakatobi Wave

Boy Candra Ferniawan

Reporter Wakatobi

Sabtu, 04 Desember 2021  /  8:52 am

Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi saat mengunjungi stand Expo UMKM Wakatobi Wave 2021 foto: Ist.

WAKATOBI,  TELISIK ID - Ribuan jenis produk unggulan dan hasil olahan masyarakat Kabupaten Wakatobi ditawarkan dalam Expo UMKM Wakatobi Wave 2021.

Terlihat masyarakat beramai-ramai mengunjungi stand-stand produk UMKM untuk mendapatkan berbagai produk makanan atau kerajinan dengan harga lebih murah.

Mengangkat potensi lokal, Expo UMKM ini digelar di Marina Togo Mowondu, Kecamatan Wangi-Wangi.

Expo yang berlangsung selama 3 hari ini diikuti puluhan instansi pemerintah, swasta, dan kelompok UKM.

Berbagai produk ditawarkan mulai hasil kerajinan, produk-produk UKM, aneka jajanan, hingga produk olahan seperti makanan ringan dari hasil laut.

"Kami tawarkan aneka produk unggulan masyarakat Pulau Tomia mulai dari abon, pilus ikan dan aneka jajanan tradisional lainnya," kata Desi selaku penjaga stand.

Selain itu, masyarakat juga bisa mendapatkan aneka hasil kerajinan tradisional di stand-stand yang ada. Salah satunnya stand kolaborasi Menturu Craft dan Dekranasda Wakatobi.

"Alhamdulilah produk kami mulai banyak terjual. Kami menawarkan berbagai kerajinan tangan mulai dari kampuru tenun Wakatobi, syal, tempat tisu dari pasir dan kulit petai, sarung tenun serta berbagai souvenir yang autentik," ungkap Jaka, penjaga stand Dekranasda Wakatobi, Sabtu (4/12/2021).

Baca Juga: UMKM Jadi Sasaran Pemkot Kendari Pulihkan Ekonomi dari Pandemi COVID-19

Expo ini dibuka Bupati Wakatobi Haliana bersama Wakil Bupati Ilmiati Daud. Saat pembukaan, hadir pula Sekda dan sejumlah pimpinan OPD Wakatobi, anggota DPRD Wakatobi dan perwakilan Polres serta Kodim Wakatobi.

"Ini merupakan salah satu bentuk kegotong-royongan, sinergi dari semua pihak untuk membangkitkan kembali dinamika usaha UMKM. Saya berharap ada penerus–penerus muda di bidang entrepreneur usaha mikro. Artinya ini menunjukkan itikad yang luar biasa di bidang kewirausahaan pemuda dalam mendukung kebijakan Kabupaten Kreatif yang sentosa," ungkap Haliana.

Baca Juga: Tingkatkan Daya Beli Masyarakat, Pasar Tani Ini Tawarkan Harga Lebih Murah

Usai memberikan sambutan, bupati, wakil bupati dan rombongan berkeliling ke stand-stand pameran dan sesekali mencicipi jajanan tradisional yang disediakan.

Perlu diketahui, selain pameran Expo UMKM, digelar juga berbagai event seperti industri kreatif, ekonomi digital, serta berbagai kegiatan lain seperti malam budaya Wakatobi, tari kolosal serta event lainnya yang sangat menarik minat warga Wakatobi. (A)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Haerani Hambali