Seminar dan Kongres Nasional UHO, Ajang Aktualisasi Diri untuk Pemulihan Ekonomi

Andi Irna Fitriani

Reporter

Senin, 06 Desember 2021  /  4:00 pm

Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

KENDARI, TELISIK.ID - Universitas Halu Oleo (UHO) kembali menjadi panitia Seminar dan Kongres Nasional XV Ikatan Senat Mahasiswa Ekonomi Indonesia, Senin (6/12/21).

Hal tersebut diungkapkan Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu. Menurutnya, UHO untuk kedua kalinya menjadi panitia pada kegiatan tersebut setelah kurang lebih 22 tahun.

"Pada tahun 1999 juga dulu pernah, jadi ini yang kedua kalinya," katanya.

Zamrun mengatakan, Kongres ke XV tersebut bisa memberikan sumbangan pemikiran, dalam bentuk bagaimana saran dalam pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi COVID-19.

"Sebagai institusi pendidikan, tetap berusaha menjalin komunikasi dengan pemerintah daerah, kota dan provinsi," ucapnya.

Zamrun berpesan untuk peserta seminar, saat inilah mereka masanya aktualisasi diri, bagaimana mencoba belajar atau bisa memberikan, serta berkontribusi terhadap negara, sesuai dengan bidang ilmu mereka yaitu ekonomi.

"Jadi bagaimana memberikan sumbangsih dan pemikiran atau langkah-langkah konkrit yang bisa dipakai oleh pemerintah," ujarnya.

Di tempat yang sama, Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi mengungkapkan, saat ini pemerintah sedang giat-giatnya melakukan pemulihan ekonomi nasional.

"Setelah pandemi COVID-19 ini, tentu kita harus bangkin perekonomiannya. Kita tidak boleh diam saja," ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, seminar yang dilaksanakan oleh pihak UHO tersebut salah satu kegiatan yang sangat baik, untuk membicarakan pemulihan ekonomi di masa ini.

Baca Juga: Mahasiswa IAIN Kendari Dapat Bantuan Beasiswa Rp 750 Juta dari Pemkab Bombana

Kegiatan dialog dan seminar tentunya mendorong mahasiswa untuk berperan aktif.

"Di sinilah tempatnya berdiskusi karena pertumbuhan ekonomi tahun ini benar-benar anjlok," ucapnya.

Ali Mazi juga mengingatkan, agar tidak egois terutama untuk saat ini karena dibutuhkan pikiran siapapun, bagaimana agar ekonomi bisa pulih kembali.

"Sehingga kita bisa bangun daerah kita, pengangguran bisa berkurang, kemiskinan juga berkurang," tutupnya.

Sementara itu, Ketua panitia, Muhammad Siddiq mengatakan, sekitar 50 kampus yang ada di Indonesia ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang bertema Transformasi Menuju Pemulihan Ekonomi Nasional.

Baca Juga: Jelang Hakordia, Rektor UHO Sebut Kampus Punya Peran Cegah Korupsi

"Semoga seminar ini bisa menjadi nilai tambah bagi teman-teman seluruh Indonesia, terutama untuk peningkatan ekonomi," harapnya. (A-Adv)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Fitrah Nugraha