Sosok Wasit Kontroversial Ahmed Al Kaf Pimpin Laga Timnas Indonesia vs Bahrain

Merdiyanto

Content Creator

Rabu, 09 Oktober 2024  /  10:03 pm

Wasit Ahmed Al Kaf akan memimpin laga Timnas Indonesia vs Bahrain dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Foto: Repro The Thao

BAHRAIN, TELISIK.ID - Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Bahrain akan dipimpin wasit Ahmed Al Kaf yang disebut-sebut mempunyai sejumlah catatan kontroversi dalam memimpin laga.

Timnas Indonesia sendiri akan bertandang ke Bahrain National Stadium, Kamis (10/10/2024) pukul 23.00 WIB, dalam lanjutan pertandingan Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Dilansir dari laman suara.com jaringan telisik.id, Rabu (9/10/2024), Ahmed Al Kaf akan bertindak sebagai wasit utama, sementara Abu Baker Al-Amri dan Rashid Al Gathi sebagai asisten wasit. Kedua asistennya berasal dari Oman dan akan membantunya memimpin laga.

Sejak tahun 2010, Ahmed Al Kaf telah menjadi wasit berlisensi FIFA dengan pengalaman yang cukup.

Baca Juga: Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia Lawan Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Terlepas dari pengalamannya, Ahmed Al Kaf memiliki catatan kontroversial, termasuk insiden di Liga Champions Asia 2023/24 saat memimpin laga Al Nassr vs Al Ain, di mana ia dinilai terlalu mudah mengeluarkan kartu.

Tindakannya mengeluarkan 9 kartu kuning dan 1 kartu merah membuat dirinya dianggap merugikan kedua tim dan menjadi sorotan.

Sosok wasit Ahmed Al Kaf

Ahmed Abu Bakar Said Al Kaf, seorang wasit asal Oman yang lahir pada tahun 1983, dikenal dengan ciri khas kepalanya yang plontos. Ia sering memimpin pertandingan-pertandingan penting di Asia.

Meski telah berkarier sebagai wasit sejak sebelum tahun 2010, Ahmed Al Kaf baru memperoleh lisensi FIFA pada tahun 2010. Sejak saat itu, namanya semakin dikenal di kancah sepak bola internasional.

Sejak mendapatkan lisensi wasit FIFA pada tahun 2010, ia aktif memimpin berbagai pertandingan internasional, terutama di kawasan Asia.

Meskipun baru memimpin pertandingan liga domestik pada tahun 2015, Ahmed Al Kaf telah berpengalaman memimpin pertandingan-pertandingan di level kontinental seperti Piala AFC dan Liga Champions Asia.

Dikutip dari laman tempo.co, Rabu (9/10/2024) debutnya sebagai wasit ia lakoni di Liga Super Qatar terjadi pada tahun 2015 saat memimpin pertandingan antara Al Khor SC dan Al Rayyan SC, yang berakhir dengan kemenangan Al Rayyan 4-2.

Ahmed Al Kaf tercatat pernah memimpin pertandingan semifinal antara Malaysia dan Thailand pada Piala AFF 2018 menjadi salah satu catatan penting dalam karier Ahmed Al Kaf.

Sejauh ini Ahmed Al Kaf telah memimpin beberapa pertandingan penting dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, di antaranya Yordania vs Arab Saudi, Yordania vs Tajikistan, dan Uzbekistan vs Korea Utara.

Ia total mengeluarkan 52 kartu kuning dan tiga kartu merah selama memimpin 19 pertandingan kualifikasi piala dunia, di antaranya kualifikasi Piala Dunia 2018, 2022, dan 2026.

Baca Juga: Shin Tae-yong: Peluang Maarten Paes Bermain Lawan Bahrain 70 Persen

Sementara itu Manajer Timnas Indonesia Sumardji menanggapi wasit yang bakal memimpin pertandingan Bahrain vs Timnas Indonesia. Ia menaruh kepercayaan penuh pada wasit yang ditunjuk AFC dan memilih untuk berpikir positif.

“Kami harus percaya kepada AFC siapa pun yang diberikan tugas dan tanggung jawab akan menjunjung fair play gitu. Baik itu wasit tengah maupun AW (asisten wasit) satu dan dua,” kata Sumardji.

Sumardji menilai bahwa AFC telah menyediakan mekanisme bagi setiap peserta pertandingan untuk mengajukan protes atau keberatan terhadap keputusan wasit, khususnya dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026.

“Kalau ada perangkat pertandingan yang tidak fair play, maka kami berkewajiban mengajukan protes. Baik itu protes biasa maupun protes keras. Itu akan kami tempuh,” tutur dia. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS