Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai Bisa Tingkatkan Ekonomi Warga

Hamka Dwi Sultra

Reporter Konawe Selatan

Jumat, 13 November 2020  /  4:40 pm

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Alue Dohong (tengah) saat kunjungan kerja di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai. Foto: Ist.

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Alue Dohong melakukan kunjungan kerja di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Jumat (13/11/2020).

Menurut Alue Dohong, Balai Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai harus bisa merangkul masyarakat sekitar lokasi.

"Ini unik dan ada perbedaan dengan Taman Nasional di daerah lain, bagian dari kekayaan bangsa yang wajib kita jaga dan lestarikan bersama," kata Alue.

Alue menuturkan, bahwa salah satu langkah melestarikan taman tersebut yakni melalui program-program kemitraan konservasi termasuk pemanfaatan daya tarik dan keunikan topografi di bidang wisata.

Selain itu, Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai memiliki potensi wisata yang besar, dengan keanekaragaman dan keunikannya tentu menarik wisatawan. Jadi masyarakat bisa berpenghasilan dari ekowisata ini sekaligus bertanggung jawab menjaganya.

Sementara itu, Plt Bupati Konsel, Arsalim Arifin menyebutkan, sinergi yang telah terjalin selama beberapa tahun berdampak signifikan terhadap pelestarian ekosistem taman dan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

Baca juga: BLK Kendari Buka Pelatihan MTU di Konawe

"Kerjasama dalam menjaga taman seluas 105.194 Hektare yang masuk dalam 15 kecamatan di empat kabupaten ini benar berdampak nyata bagi pelestarian ekosistem dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Arsalim.

Dijelaskan, bahwa mulai Tahun 2017 sampai 2020 kegiatan kemitraan konservasi dan pemberdayaan masyarakat kerjasama Pemerintah Daerah Konsel dengan program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui balai Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai telah membantu masyarakat.

Kerjasama dalam bentuk pelatihan maupun dukungan dana pembinaan telah membantu masyarakat dan peluang pemanfaatan.

Diantara kerjasama yang dilaksanakan adalah pengembangan atau pengusahaan wisata alam, penangkaran satwa, industri farmasi dan kosmetik, budidaya tumbuhan, pemanfaatan potensi hidrologis dan pendidikan.

Kunjungan tersebut dirangkaikan dengan penanaman pohon di lokasi Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai oleh Plt Bupati Konsel, Arsalim Arifin. (B)

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Fitrah Nugraha

TOPICS