Terdampak Kekeringan, Asrama Nafisyah Kendari Alami Krisis Air

Wa Ode Hesti

Reporter Wakatobi

Rabu, 02 Oktober 2024  /  8:52 am

Penghuni Asrama Nafisyah mengeluhkan air sumur bor yang alami kekeringan. Foto: Wa Ode Nurfarahim

KENDARI, TELISIK.ID – Asrama Nafisyah di Jalan Orinunggu Kelurahan Kambu, Kecamatan Kambu, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, mulai terdampak kekeringan akibat kemarau.

Asrama Nafisyah mengandalkan air dari sumur bor untuk mandi, mencuci, dan aktivitas lainnya, dan sekarang penghuni kos mulai mengeluhkan airnya yang surut dan kualitas air tidak layak. Air sumurnya mulai kotor akibat sudah mulai mengering.

“Selama 3 hari belakangan ini kami mengalami kesulitan air. Kadang ada tapi kalau malam lebih sering tidak mengalir air,” ujar salah satu penghuni kos, Efa, Rabu (2/10/2024).

Mardin, penanggung jawab kos hanya bisa pasrah. Beberapa di antara penghuni kos terpaksa nginap di kos teman, di rumah keluarga, bahkan kadang hanya sekedar numpang mandi dan mencuci pakaian.

Baca Juga: Puncak Musim Kemarau September 2024: Hutan Enam Kabupaten di Sultra Potensi Terbakar

Baca Juga: Sulawesi Tenggara Siaga, Kemarau Diprediksi Singkat Akibat La Nina Lemah

“Saya sangat kaget dengan kondisi ini jadi saya biasa ke kos teman untuk sekedar numpang mandi sekalian nyuci baju,” kata penghuni kos, Khairul, Rabu (2/10/2024).

Menurut penghuni kos lainnya, Safar, masalah kekeringan ini sering terjadi pada saat musim kemarau.

“Saya kos di sini sudah 3 tahun, jadi saya sudah cukup paham kalau musim kemarau pasti air sumur bor di sini kering,” ujar Safar. (A)

Penulis: Wa Ode Hesti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS