Bantu Ekonomi Masyarakat, IMM Dukung Pembangunan Smelter Tiran Group

Kardin, telisik indonesia
Kamis, 08 Juli 2021
0 dilihat
Bantu Ekonomi Masyarakat, IMM Dukung Pembangunan Smelter Tiran Group
Ketua DPD IMM Sultra, Marsono. Foto: Ist.

" Ketua Umum DPD IMM Sultra, Marsono sangat mensupport langkah yang dilakukan Tiran Group yang berencana membangun smelter di Konut "

KENDARI, TELISIK.ID - Rencana pembangunan smelter atau pabrik pemurnian nikel di Konawe Utara (Konut) yang akan diprakarsai oleh Tiran Group telah meraih simpati yang luas serta dukungan yang besar dari berbagai kalangan.

Salah satu dukungan datang dari DPD Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Sultra yang menilai dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) serta income ekonomi masyarakat setempat.

Ketua Umum DPD IMM Sultra, Marsono sangat mensupport langkah yang dilakukan Tiran Group yang berencana membangun smelter di Konut.  

Kata Marsono, pembangunan smelter adalah langkah strategis untuk meningkatkan nilai guna dari SDM yang dimiliki, sebab selama ini cadangan nikel Sultra yang melimpah hanya dikeruk sampai habis lalu dijual mentah dengan nilai yang sangat murah begitu saja ke luar daerah.

"Ini kan sama saja menggali lubang raksasa untuk mengubur hidup-hidup masyarakat sekitar. Seharusnya ada perusahaan yang berpikir bagaimana membangun smelter agar nilai jual nikel kita semakin meningkat di pasaran. Dan langkah yang dilakukan Tiran Group ini menurut kami sudah menjawab keresahan sebagian besar masyarakat Sultra yang menginginkan nikel dapat melalui tahap pemurnian dengan hadirnya pabrik yang memiliki smelter," jelas Marsono, Kamis (8/7/2021).

Katanya, hal tersebut dapat meningkatkan kualitas SDM serta meng-upgrade nilai ekonomi, utamanya pendapatan pemasukan masyarakat sekitar yang sudah pasti akan ada penyerapan ribuan tenaga kerja lokal.  

Baca Juga: Vaksin Kota Kendari Tersisa 7 Ribu, Bisa Bertahan 3 Hari

Baca Juga: Idul Adha di Masa PPKM Mikro

"Rencana pembangunan smelter oleh Tiran Group pasti bakal membawa dampak ekonomi yang sangat masif bagi masyarakat di lingkar tambang secara khusus maupun masyarakat Sultra pada umumnya, sebab akan ada penyerapan tenaga kerja lokal secara terbuka oleh Tiran Group dan ini semestinya dimanfaatkan dengan serius oleh masyarakat lingkar tambang serta masyarakat lokal pada umumnya," paparnya.  

Lanjut Marsono, sebagai putra asli Sultra, mesti mensyukuri dan berbangga terhadap daerah yang melimpah potensi sumber daya alamnya, sehingga jika ada niat seperti yang akan dilakukan Tiran Group, perlu diapresiasi dan didukung secara penuh agar roda ekonomi bisa laju dan memiliki dampak nyata terhadap peningkatan kualitas SDM-nya.

"Selama proses pembangunan smelter Tiran Group di Konawe Utara, kami akan terus melihat dan mengawasi segala prosesnya apakah berjalan dengan lancar atau ada banyak benturan yang dihadapi dari pihak-pihak luar," jelasnya.

"Pastinya, selama Tiran Group serius dan tulus membangun smelter dengan tujuan memberdayakan masyarakat, dan menaikkan nilai guna sumber daya alam kita di Konawe Utara maka hal tersebut wajib kita support," pungkasnya. (C-Adv)

Reporter: Kardin

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga