Ternyata Ini Kunci Sukses Hartono Bersaudara Bangun Kerajaan Bisnis di Indonesia

Nur Khumairah Sholeha Hasan

reporter

Sabtu, 10 Desember 2022  /  1:03 pm

Kisah sukses dua bersaudara Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono diawali oleh langkah besar ayah mereka pada tahun 1951 yang membeli perusahaan rokok NV Murup yang kala itu hampir bangkrut. Foto: Repro Bisnika.hop.id

JAKARTA, TELISIK.ID - Siapa yang tak mengenal Hartono Bersaudara? Kakak beradik yang sukses membangun kerajaan bisnis di Indonesia ini menjadi orang terkaya di Indonesia selama satu dekade.

Mengutip Tagar.id, Budi Hartono adalah kakak kandung Michael Hartono. Harta kekayaan masing-masing Hartono bersaudara itu senilai USD 20,5 miliar dan USD 19,7 miliar. Saudara-saudara Hartono memiliki saham di PT Bank Central Asia Tbk (BBCA).

Berada di posisi seperti itu, tentunya tak mudah dan pasti membutuhkan proses dan perjuangan yang keras untuk bisa sampai ke titik kesuksesan tersebut.

Yuk intip kunci sukses Hartono bersaudara jika ingin sukses seperti mereka, dilansir dari berbagai sumber.

1. Pantang menyerah

Menjadi wirausahawan muda tentu merupakan sesuatu yang tidak semua orang bisa raih, karena selain pandai mengelola usaha sejak muda, Anda juga berjasa mengurangi jumlah pengangguran dengan mengajak orang bekerja. Namun, dalam setiap perjalanan nyata, tidak ada yang selalu berjalan mulus. Anda akan menghadapi kegagalan demi kegagalan untuk memperkuat karakter Anda.

2. Kepercayaan dan kerja keras

Melansir Okezone.com, para keturunan Tionghoa ini memulai usahanya dengan modal kepercayaan dan kerja keras. Prof Rhenald bilang, jika ada yang bertanya kenapa banyak orang China yang sukses, hampir semua jawaban mengatakan kepercayaan dan kerja keras.

Baca Juga: 4 Tips agar Tetap Sehat di Atas Usia 50 Tahun

Dari modal tersebut, lanjutnya, mereka bisa mengumpulkan uang, hidup hemat agar anak-anaknya bisa mendapat pendidikan yang baik.

3. Pola pikir maju dan konsisten

Dilansir dari Shopback.co.id, orang-orang sukses dan kaya mengadopsi pola pikir yang lebih maju daripada kebanyakan orang lainnya. Mereka percaya bakat mereka tidak terbatas. Misalnya, jika mereka pandai dalam pemasaran, mereka tidak akan takut membiarkan diri terjun ke dalam suatu bidang bisnis baru, dan yakin mereka dapat memasarkannya.

Mengikuti pola pikir yang maju dan konsisten dimulai dengan melangkah keluar dari zona nyaman serta meningkatkan kemampuan, yakinlah kemampuan yang kamu miliki merupakan sebuah aset yang bisa membuatmu menjadi orang sukses di masa depan.

4. Menetapkan tujuan yang jelas dan tepat

Tetapkan tujuan dan target, miliki tujuan yang akan dicapai dan telah ditetapkannya dengan jelas dan tepat. Hindari rasa takut akan kegagalan, tingkatkan semangat dan kemampuan diri dengan mengingat tujuan yang ingin dicapai sedari awal.

Baca Juga: 4 Tips Jitu Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak, Orang Tua Wajib Tahu

Tujuan ini akan terus menjadi mesin penyemangat yang paling baik di saat halangan datang. Dengan tujuan yang dimiliki, Anda akan dengan sukarela menerobos segala permasalahan yang mungkin ada di depan.

5. Banyak membaca dan belajar

Studi ekstensif tentang orang kaya menunjukkan bahwa ini adalah satu hobi yang dimiliki semua orang yaitu membaca dan belajar. Belajar dan membaca memungkinkan Anda menjadi pembelajar yang konstan dan terbukti bisa menyalakan konsentrasi otak serta memperbaiki memori dan fokus. Jika Antoni Salim, Chairul Tanjung atau bahkan Bill Gates dan Warren Buffett bisa menemukan waktu untuk membaca dalam jadwal sibuk mereka setiap hari, Anda juga pasti bisa.

Seperti yang dikemukakan Harvard Business Review, “selalu ada waktu luang dimana-mana” – seperti beberapa waktu yang kita habiskan untuk menonton TV atau main sosial media, pasti akan lebih baik jika dihabiskan dengan membaca dan belajar. Lebih produktif, bukan?

Salah satu hal penting lainnya, yang harus Telisikers ketahui adalah ketekunan dan pengorbanan. Karena biasanya, seseorang yang masih muda hanya memikirkan banyak kesenangan sementara, seperti bermain game, belum menentukan arah tujuan, dan menghabiskan uang. Jika terus seperti itu, apakah impian menjadi sukses di usia muda bisa tercapai? (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS