4 Tips agar Tetap Sehat di Atas Usia 50 Tahun

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 09 Desember 2022
0 dilihat
4 Tips agar Tetap Sehat di Atas Usia 50 Tahun
Untuk menjaga kesehatan di usia senja, khusunya di atas usia 50 tahun, banyak yang bisa dilakukan. Foto: Repro alodokter.com

" Setiap orang menginginkan punya kesehatan yang baik, bukan hanya di usia muda tapi juga usia senja "

KENDARI, TELISIK.ID - Setiap orang menginginkan punya kesehatan yang baik, bukan hanya di usia muda tapi juga usia senja.

Dikutip dari hellosehat.com, seiring dengan pertambahan usia, tubuh mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan. Mulai dari fungsi otot dan ingatan yang menurun, kulit jadi keriput, hingga susah menahan kencing.

Perubahan fisik akan sangat terlihat terutama pada wanita usia 50 tahun ke atas yang telah mengalami menopause. Untuk menjaga kesehatan di usia senja ini banyak yang bisa dilakukan.

Baca Juga: 4 Tips Jitu Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak, Orang Tua Wajib Tahu

Melansir yoursay.id dari Healthline, berikut beberapa tips menjaga kesehatan agar tetap bugar di usia senja:

1. Tes risiko penyakit kanker

Penyakit kanker bisa diketahui dengan pengecekan secara screening yang dilakukan di fasilitas kesehatan yang menyediakan tes tersebut. Beberapa jenis kanker memiliki rekomendasi waktu terbaik untuk menentukan kapan tes tersebut bisa dilakukan atau diulang.

Sebelum melakukan tes tersebut, pastikan Anda telah berkonsultasi secara mendalam dengan dokter untuk mengetahui waktu terbaik melakukan tes berdasarkan tingkat risiko yang mungkin Anda dapatkan.

2. Kunjungi fasilitas kesehatan secara rutin

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan adalah dengan mendatangi faskes seperti rumah sakit atau klinik untuk melakukan check up secara rutin.

Kegiatan tersebut akan membantu Anda untuk mengetahui kondisi terkini dari masalah kesehatan yang mungkin Anda alami selama ini.

Selain itu, saran dan informasi dari dokter bisa menjadi salah satu hal yang membantu Anda untuk meningkatkan kesehatan agar tidak gampang jatuh sakit. 

3. Cek kesehatan mental

Bukan cuma kesehatan fisik saja yang penting untuk dijaga, kesehatan mental juga menjadi perhatian yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Orang-orang berusia lanjut di atas tentu akan mengalami perubahan dalam hidup seiring dengan bertambahnya masalah yang dilewati dalam hidup.

Baca Juga: 8 Tips Sehat Jika Terpaksa Begadang, Wajib Dicoba

4. Lakukan tes darah secara berkala

Tes darah menjadi salah satu cara untuk mendeteksi secara dini terkait keberadaan penyakit yang ada di dalam tubuh Anda. Beberapa jenis penyakit kronis seperti diabetes membutuhkan waktu yang lama untuk bisa muncul gejalanya.

Namun dengan melakukan tes darah secara berkala hal tersebut bisa dicegah dan risiko untuk terjangkit penyakit tersebut bisa dicegah dengan maksimal melalui obat atau treatment yang diberikan oleh dokter.

Nah, itulah sejumlah tips penting yang bisa Telisikers lakukan untuk menjaga kondisi fisik dan mental agar tetap sehat dan terkendali. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga