UHO Kendari Periksa Kesehatan Mahasiswa Baru

Mirdan

Reporter Konawe Kepulauan

Selasa, 13 Agustus 2024  /  3:32 pm

Universitas Halu Oleo Kendari menggelar pemeriksaan kesehatan bagi mahasiswa baru. Foto: Mirdan/Telisik

KENDARI, TELISIK.ID - Menjamin kesehatan mahasiswa baru, Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menggelar pemeriksaan kesehatan seluruh mahasiswa baru di ruang kedokteran, Senin (12/8/2024), sebagai salah satu upaya untuk memberikan layanan kesehatan bagi maba.

Melalui pemeriksaan kesehatan yang dilakukan, mahasiwa baru dapat mengetahui kondisi tubuhnya, bahkan akan menemukan penyakit yang selama ini tidak mereka ketahui.

Saat ditemui Telisik.id, dr Jamaludin, SP.JP selaku pemeriksa kesehatan mengungkapkan, pemeriksaan yang dilakukan saat ini dimulai dengan pemeriksaan narkoba, tinggi badan, berat badan, tekanan darah, buta warna, visus penglihatan dan pemeriksaan fisik.

Baca Juga: Siswa MTs Ummushabri Kendari Melaju ke Tingkat Nasional Kompetisi Sains Madrasah 2024

Pemeriksaan kesehatan sebelumnya sudah dilakukan pada penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri dan jalur berprestasi serta dilanjutkan pemeriksaan kesehatan pada jalur lokal.

Dokter Jamaluddin menegaskan, mahasiwa yang mengikuti pemeriksaan kesehatan pada jalur mandiri berjumlah kurang lebih 3600 mahasiswa baru, jalur prestasi berjumlah kurang lebih 1500 mahassiwa baru dan jalur lokal berjumlah kurang lebih 2700 mahasiswa baru, sehingga total mahasiswa baru di UHO Kendari berjumlah kurang lebih 8000 mahasiswa.

Baca Juga: Fakultas Kedokteran UHO Layani Sunat dan Pemeriksaan Gratis Masyarakat Konawe

Dokter spesialis jantung ini menambahkan, pemeriksaan kesehatan dilakukan semua fakultas sebagai seleksi kesehatan, seperti yang dilakukan setiap tahunnya.

“Khusus Fakultas Kedokteran dan Fakultas Farmasi, ada pemeriksaan kejiwaan, yang diistilahkan MNPI. Jika terdapat gangguan kejiwaan maka tidak memenuhi syarat untuk belajar di Fakultas Kedokteran dan Farmasi," tutupnya.

Pemeriksaan kesehatan tersebut melibatkan fasilitas kesehatan (faskes) Universitas Halu Oleo Kendari yang dilakukan dalam tiga tahap bertujuan untuk memastikan kesehatan mahasiswa baru. (C)

Penulis: Mirdan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS