Wisuda Tatap Muka UHO, Rektor: Kemungkinan Besar Belum Ada

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Kamis, 23 September 2021
0 dilihat
Wisuda Tatap Muka UHO, Rektor: Kemungkinan Besar Belum Ada
Tampak depan Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, pihaknya masih menunggu instruksi dari kementerian terkait PTM di UHO "

KENDARI, TELISIK.ID - Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu menargetkan, Pembelajaran Tatap Muka (PTM), diusahakan mencapai 70 persen.

Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, pihaknya masih menunggu instruksi dari kementerian terkait PTM di UHO.

"Dari kementerian, kita telah disurati untuk mempersiapkan segala sesuatu untuk menghadapi kuliah tatap muka nanti," kata Zamrun.

Zamrun menambahkan, bagi mahasiswa yang akan ujian proposal, hasil dan skripsi, bisa dilakukan secara tatap muka, jika sudah melakukan vaksinasi.

"Vaksinasi bukan syarat untuk ujian, tapi syarat untuk melakukan ujian skripsi secara luring atau tatap muka. Kalau belum vaksin berarti harus daring, begitu," ujar Zamrun.

Lebih lanjut, Zamrun mengatakan, kemungkinan wisuda secara tatap muka belum ada, tapi akan melaksanakan apa yang sudah dikerjakan selama pandemi COVID-19.

"Selama ini yang wisuda luring kan perwakilan setiap fakultas, yang lainnya dari rumah semua," tutup Zamrun.

Sementara itu, salah satu mahasiswa akhir, Ritna Wati berharap bisa merasakan wisuda secara tatap muka, seperti sebelum adanya COVID-19.

Baca Juga: Dua Minggu PTM, Tidak Ada Kendala di SMA Kartika Kendari

Baca Juga: Daftar Kampus Terbaik di Indonesia 2021

"Mauku nanti bisa wisuda tatap muka, karena saya mau salaman langsung sama Rektor, foto-foto sama mamaku sama bapaku sama keluarga semuanya, terus di kampus pakai toga, tapi kalau belum bisa nanti secara tatap muka, tidak apa-apaji, hanya kalau rasa kecewa itu pasti ada," ujar Ritna.

Mahasiswa lainnya, Mina yang tengah sibuk mengurus ujian skripsinya mengaku, meskipun  kemungkinan untuk merasakan wisuda tatap muka semakin kecil tapi harapan itu masih ada.

"Kalau saya pribadi sbenarnya ingin sekali itu rasakan wisuda offline, karena kaya sah sekali, tali toganya kita dipindahkan langsung sama Pak Rektor. Tapi di sisi lain, karena sekarang masa covid jadi mau tidak mau wisuda online tidak jadi masalahji, karena lagi pandemi juga toh," jelas Mina. (A)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga