Virus GenRe BKKBN Sulawesi Tenggara Terus Menyebar ke Pelosok Konawe Utara

Ahmad Jaelani

Reporter

Selasa, 08 Oktober 2024  /  9:04 pm

BKKBN Sultra terus mengedukasi remaja di Konawe Utara dengan mengusung tema GenRe. Foto: Ist.

KONAWE UTARA, BKKBN - Virus Generasi Berencana (GenRe) terus menyebar luas di seluruh wilayah Sulawesi Tenggara, termasuk daerah terpencil di Kabupaten Konawe Utara.

Upaya virus GenRe ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran remaja mengenai pentingnya perencanaan hidup sejak dini.

Salah satu kegiatan terbaru adalah sosialisasi bagi pelajar SMP dan SMA di Kecamatan Oheo, yang terletak dekat perbatasan Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Baca Juga: Nyaris jadi Korban Pelecehan Seksual, Mahasiswi UHO Kendari Alami Trauma Berat

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Provinsi Sulawesi Tenggara, bekerja sama dengan BKKBN Sultra, mengadakan acara bertajuk "Sosialisasi dan Pembinaan Remaja Generasi Berencana di Kabupaten Konawe Utara T.A. 2024" pada Selasa (08/10/2024).

Kegiatan ini berlangsung di aula Graha Kencana Konasara Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Konawe Utara, diikuti oleh siswa dari sepuluh sekolah, termasuk SMP dan SMA dari Kecamatan Oheo.

"Adik-adik siap menjadi orang hebat?" tanya H. Abdul Rahim, Kepala DP3APPKB Sultra, saat membuka acara. Sambutannya sangat antusias dan memberikan motivasi kuat kepada sekitar 60 peserta.

Dengan semangat, mereka menjawab, "Siap!" ketika ditanya kesiapan untuk menjadi pribadi hebat di masa depan.

Abdul Rahim juga berbagi kisah pribadi tentang keberhasilan tiga anaknya yang telah mencapai prestasi luar biasa. Salah satu anaknya kini menjadi inspektur, yang lain menjadi polisi, dan anak ketiganya berhasil kuliah di Inggris dengan beasiswa senilai Rp 1,2 miliar. Kisah tersebut menginspirasi peserta untuk bermimpi besar dan bekerja keras meraih kesuksesan.

Kegiatan ini juga menghadirkan Dr. H. Mustakim dari Perwakilan BKKBN Sulawesi Tenggara, yang menyampaikan materi tentang Advokasi Komunikasi Informasi Edukasi (Advokasi KIE) untuk pembinaan remaja GenRe.

Baca Juga: Empat Pimpinan OPD Kendari Ikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional 2024

Materi ini penting untuk menanamkan pemahaman kepada remaja tentang pentingnya merencanakan masa depan, terutama dalam hal kesehatan reproduksi dan pengendalian penduduk.

Triatmojo dari Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe Utara juga berkontribusi dengan menyampaikan informasi mengenai Infeksi Menular Seksual (IMS), menjelaskan berbagai cara untuk mencegah penyebarannya di kalangan remaja. Kesadaran akan kesehatan seksual di usia muda sangat penting.

Siti Aisyah, Kabid Pengendalian dan Keluarga Sejahtera (PKS) dari DPPKB Konawe Utara, bertindak sebagai moderator dan memastikan acara berlangsung lancar dengan tanya jawab aktif antara pemateri dan peserta, sehingga materi dapat lebih dipahami oleh remaja yang hadir. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani  

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS