Empat Pimpinan OPD Kendari Ikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional 2024

Erni Yanti, telisik indonesia
Selasa, 08 Oktober 2024
0 dilihat
Empat Pimpinan OPD Kendari Ikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional 2024
Empat OPD yang akan mengikuti pelatihan kepemimpinan bersama Sekda Kota Kendari dan DPRD Kota Kendari. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Empat pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mengikuti program pelatihan kepemimpinan nasional tingkat II tahun 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID - Empat pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mengikuti program pelatihan kepemimpinan nasional tingkat II tahun 2024, Selasa (8/10/2024).

Keempat pimpinan OPD tersebut adalah Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, Nismawati; Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Cornelius Padang; Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Saemina; serta Kadis Penanaman Modal dan PTSP, Maman Firmansyah.

Pelatihan kepemimpinan adalah tahap penting bagi pejabat eselon II, termasuk keempat pimpinan OPD Pemkot Kendari lainnya.

Baca Juga: Korban Asusila Seorang Oknum TNI AL Kendari Dituntut Kerugian Materi dari Awal Hamil hingga Melahirkan

Sekretaris Daerah Kota Kendari, Ridwansyah Taridala, menekankan pentingnya pelatihan bagi semua pejabat, baik yang sudah menjabat maupun yang baru.

"Kita harus beradaptasi dengan rekan-rekan kita; syarat mutlak eselon II adalah mengikuti pendidikan," ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa Camat dan Lurah yang tidak berlatar belakang pemerintahan diwajibkan mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kompetensi mereka.

"Kita sering ragu untuk ikut pelatihan, tetapi penting untuk meningkatkan performa, terutama jika ingin menduduki jabatan tertentu," tambahnya.

Kadis Kominfo Kota Kendari, Nismawati, menyatakan bahwa pelatihan ini akan mencakup program aplikasi CHATINA untuk mempermudah layanan publik.

"CHATINA, dalam bahasa daerah, berarti 'ibu', dan kami berharap pemerintah memberikan pelayanan layaknya seorang ibu kepada anaknya," ujarnya.

Nismawati berharap aplikasi pelayanan ini akan terintegrasi dalam platform digital, dan saat ini masih dalam tahap pengembangan.

"Aplikasi ini dapat diakses melalui website dan Play Store, dan diharapkan dapat digunakan oleh masyarakat mulai Januari," tambahnya.

Baca Juga: Telan Anggaran Miliaran, Pagar Rumah Jabatan Gubernur Sultra Mulai Rusak

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Kendari, Cornelius Padang, menekankan pentingnya inovasi dan transformasi digital dalam perehncanaan dan evaluasi kinerja pemerintah.

"Kelemahan kita terletak pada sistem pengukuran kinerja yang masih manual. Dengan sistem baru, kami berharap dapat mengintegrasikan data dan meningkatkan akurasi penilaian," jelasnya.

Ia berharap bahwa sistem baru ini dapat membantu pemerintah dalam menyusun rencana yang lebih baik di masa depan dan memberikan dampak nyata bagi masyarakat. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga