5 Kota Paling Sepi di Indonesia yang Cocok untuk Tenangkan Diri Kamu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 25 Januari 2022
0 dilihat
5 Kota Paling Sepi di Indonesia yang Cocok untuk Tenangkan Diri Kamu
Suasana salah satu kota sepi di Indonesia. Foto: Repro rumah123.com

" Di Indonesia terdapat beberapa kota yang tergolong sepi karena jumlah penduduk yang terbilang kecil, sedangkan wilayahnya cukup luas "

JAKARTA, TELISIK.ID - Seringkali orang yang tinggal dan beraktivitas di tengah kota padat penduduk ingin menenangkan diri. Salah satunya dengan pergi ke daerah yang tenang.

Daerah yang tenang memang membuat suasana hati terasa tentram. Apalagi jika daerah tersebut jauh dari kepadatan penduduk dan bisingnya orang beraktivitas.

Makanya sebagian masyarakat ketika liburan, mereka pergi ke tempat tenang yang jauh dari keramaian. Bukan untuk menghindar, tapi sekedar menenangkan diri sebelum harus kembali berjibaku dengan pekerjaan.

Melansir sindonews.com, di Indonesia sendiri, terdapat beberapa kota yang tergolong sepi sehingga cocok jadi tempat untuk menenangkan diri. Kota ini jauh dari keramaian seperti kota-kota pada umumnya.

Dikutip dari kanal YouTube Angka dan Data, berikut lima kota paling sepi di Indonesia:

1. Subulussalam, Aceh

Kota paling sepi di Indonesia yang pertama adalah Subulussalam di Aceh. Kota ini sepi karena luasnya yang sangat besar, namun jumlah penduduknya tergolong sedikit yakni hanya 93.710 jiwa per Juni 2021 dengan luas kota 1.391 KM2.

Rata-rata kepadatan penduduk di kota ini hanya 67 jiwa per km. Subulussalam juga menjadi kota dengan luas wilayah terbesar ke-4 di Indonesia.

2. Tidore, Maluku Utara

Kota paling sepi di Indonesia selanjutnya adalah Tidore di Maluku Utara.

Pasalnya, sebanyak 115.406 penduduk per Juni 2021 menempati wilayah 1.646 km2 sehingga rata-rata kepadatan penduduk kota hanya 70 jiwa per km.

Kota ini juga menjadi wilayah terluas di Indonesia setelah Palangka Raya.

3. Palangkaraya, Kalimantan Tengah

Di posisi ketiga ada Palangkaraya di Kalimantan Tengah. Kota ini menjadi kota tersepi di Indonesia berdasarkan rata-rata kepadatan penduduk dengan luas 2.400 km2 dan penduduk sebanyak 286.704 jiwa per Juni 2021.

Baca Juga: Empat Orang Luka Akibat Ledakan Gudang Ikan di Sumut, Tim Jinak Bom Diturunkan

Oleh karena itu, rata-rata kepadatan penduduk kota hanya mencapai 119 jiwa per km.

4. Dumai, Riau

Dumai yang terletak di Riau memiliki luas mencapai 1.623 km2 dan menjadi kota terluas ketiga di Indonesia.

Meski demikian, jumlah penduduk kota ini hanya 323.090 jiwa per Juni 2021 sehingga kepadatan penduduknya 199 jiwa per km.

5. Pagaralam, Sumatera Selatan

Kota paling sepi di Indonesia yang terakhir adalah Pagaralam di Sumatera Selatan. Kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 140.737 jiwa per Juni 2021.

Baca Juga: Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Muna, 26.531 Orang Ditarget Sebulan Tuntas

Sementara itu, luas kota ini mencapai 634 km2 sehingga rata-rata kepadatan penduduknya hanya mencapai 233 jiwa per km. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani HambaliĀ 

Artikel Terkait
Baca Juga