adplus-dvertising

10 Persiapan yang Harus Dipikirkan Sebelum Nikah, Pasangan Mesti Paham

Sasmiraza, telisik indonesia
Kamis, 04 Agustus 2022
345 dilihat
10 Persiapan yang Harus Dipikirkan Sebelum Nikah, Pasangan Mesti Paham
Menikah adalah momen sakral yang dilakukan sekali dalam seumur hidup. Tidak heran jika setiap pasangan yang akan menikah mengharapkan momen pernikahan yang sempurna. Foto: Repro merdeka.com

" Menikah adalah salah satu momen sakral dalam hidup. Oleh karena itu, persiapan pernikahan seringkali memakan waktu lama serta biaya yang tidak sedikit. Mengingat momen ini cukup istimewa, ada baiknya Anda mulai memperhatikan persiapan pernikahan mulai dari sekarang. "

KENDARI, TELISIK.ID - Menikah adalah salah satu momen sakral dalam hidup. Oleh karena itu, persiapan pernikahan seringkali memakan waktu lama serta biaya yang tidak sedikit. Mengingat momen ini cukup istimewa, ada baiknya Anda mulai memperhatikan persiapan pernikahan mulai dari sekarang.

Agar Anda dan pasangan tidak bingung mengenai apa saja yang perlu dipersiapkan, telisik.id akan membahas mengenai persiapan pernikahan yang perlu Anda ketahui dirangkum dari berbagai sumber, Yuk simak!

1. Menentukan Lokasi


Sebelum melakukan pernikahan, setiap pasangan akan mencari lokasi acara yang ideal untuk resepsi.

Jika rumah kamu dan si dia tidak memungkinkan untuk menampung tamu pernikahan, menyewa gedung bisa menjadi pertimbangan.

Beberapa gedung memiliki biaya sewa yang murah, sebagian lain biayanya lebih tinggi. Itu tergantung dari fasilitas yang disediakan, luas bangunan, atau lokasi gedung yang strategis.

Kita juga perlu mengecek apakah gedung tersebut dilengkapi lahan parkir yang mumpuni atau tidak, serta pendingin ruangan dan paket katering untuk meringankan biaya resepsi.

Jika sudah menemukan gedung yang cocok, maka buatlah reservasi untuk gedung tersebut jauh-jauh hari agar kita tidak pusing mencari tempat lain saat hari-H sudah dekat.

Namun sebelum itu, tentukan terlebih dulu tema dan konsep pernikahan yang ingin digelar, sehingga kita menjadi lebih mudah menentukan lokasi untuk mendukung tema dan konsep yang sudah ditentukan.

2. Mencari Souvenir Pernikahan

Biasanya calon pengantin baru mulai mencari souvenir pernikahan ketika semua urusan lain sudah beres. Alhasil, kita memilih souvenir ala kadarnya atau asal-asalan.

Perlu diketahui, souvenir pernikahan ini adalah tanda terima kasih dari kedua pengantin kepada para tamu undangan. Karena itu alangkah baiknya jika kita tidak mengecewakan tamu dengan memberikan souvenir seadanya.

3. Mencetak Undangan

Pastikan baik keluarga dari pihak kita maupun pasangan sudah menentukan tanggal pernikahan. Sebab, tanggal pernikahan akan memengaruhi undangan yang akan kita sebarkan kepada teman dan saudara.

Carilah vendor untuk mencetak undangan yang sesuai kebutuhan kita, baik urusan harga maupun desain undangan yang ditawarkan.

Pertimbangkan juga berapa banyak jumlah tamu yang diundang ke acara resepsi pernikahan. Kita dapat mendiskusikan hal itu dengan keluarga atau pasangan guna menentukan kuota tamu.

4. Menyiapkan Properti Dekorasi

Kendati kita belum memutuskan gedung atau lokasi untuk menggelar pesta pernikahan, kita dapat menyiapkan properti atau ornamen dekorasi selama konsep acaranya jelas.

Properti untuk dekorasi penting jika kita mengusung konsep do it yourself (DIY), di mana kita yang menyusun dekorasi sesuai keinginan.

Apabila konsep dan tema acara belum matang, risikonya adalah ornamen dan aksesoris yang diperlukan bisa berubah setiap saat.

5. Menyiapkan Dokumen Penting

Menikah juga memerlukan persiapan administrasi. Setelah menentukan tanggal pernikahan, sebaiknya kita mencari tahu dokumen yang harus disiapkan, seperti fotokopi KTP, kartu keluarga, ijazah dan lain-lain.

Baca Juga: Kenali Gejala dan Penyebab Cacar Monyet

Apabila kita tidak segera menyiapkan dokumen tersebut, kita dan pasangan akan kerepotan nantinya karena harus mengurus kebutuhan pesta pernikahan juga.

6. Menabung

Pesta pernikahan memerlukan anggaran besar, sehingga kita harus mulai menabung untuk membayar segala kebutuhan.

Mencetak undangan, membeli souvenir, menyewa tempat, maupun membeli properti untuk dekorasi pesta, semua itu membutuhkan biaya, bukan?

7. Jamuan atau Hidangan Pernikahan

Kamu bisa menghidangkan menu makanan apa pun dalam pesta pernikahanmu. Namun jika ingin menghemat biaya, disarankan untuk menghidangkan 3-4 jenis menu pada meja prasmanan, serta 1-2 menu sampingan. Jenis lauk yang dihidangkan pun dapat memengaruhi besaran biaya yang dikeluarkan. Misalnya, memilih menu olahan daging sapi akan lebih mahal ketimbang menu olahan ayam.

8. Makeup Artist (MUA)

Baik Anda maupun pasangan, tentu ingin tampil memukau di hari penting ini. Oleh karena itu, makeup artist (MUA) termasuk dalam daftar persiapan pernikahan yang tak boleh Anda lewatkan.

Baca Juga: 4 Artis Cantik Ini Kecanduan Seks, Mengaku Nikmat Diperkosa Genderuwo

Sebelum memilih MUA, tentukan konsep atau adat pernikahan yang akan digunakan. Selanjutnya, cari rekomendasi MUA yang handal untuk konsep tersebut.

9. Dokumentasi

Setiap pengantin tentu berharap momen berharga mereka akan terbingkai dengan baik dan cantik. Oleh karena itu, untuk dokumentasi, carilah fotografer pernikahan yang benar-benar memahami konsep acara Anda.

10. Adat Pernikahan

Ini merupakan opsional. Karena terkadang, pernikahan dengan adat dapat menghabiskan biaya lebih banyak. Namun jika memang ingin menggunakan adat, dan sesi adat tersebut dapat disederhanakan, maka ini dapat masuk sebagai salah satu persiapanmu.

Itulah 10 paparan mengenai beberapa persiapan pernikahan yang harus kamu siapkan jika kamu ingin melaksanakan pernikahan dengan pasanganmu. Hal yang utama adalah persiapan mental, finansial, dan restu keluarga. Jika persiapan tersebut sudah bisa dilewati maka persiapan yang lainnya juga dapat terealisasikan dengan baik. (C)

Penulis: Sasmiraza

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga