11 Kepala Negara Akan Pakai Kemeja dan Selendang Tenun Khas di ASEAN Summit Labuan Bajo

Berto Davids, telisik indonesia
Minggu, 30 April 2023
0 dilihat
11 Kepala Negara Akan Pakai Kemeja dan Selendang Tenun Khas di ASEAN Summit Labuan Bajo
Ketua Dekranasda Nusa Tenggara Timur, Julie Laiskodat telah menyiapkan kemeja dan selendang tenun khas untuk 11 kepala negara ASEAN Summit. Foto: Ist.

" Panitia menyiapkan kemeja dari tenun khas Manggarai Barat untuk dipakai para kepala negara peserta ASEAN Summit "

MANGGARAI BARAT, TELISIK.ID - Selain mempersiapkan infrastruktur dan sarana prasarana, panitia ASEAN Summit Labuan Bajo juga menyiapkan produk kerajinan khas daerah untuk dikenakan 11 kepala negara yang akan hadir di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur bulan Mei mendatang.

Panitia menyiapkan kemeja dari tenun khas Manggarai Barat untuk dipakai para kepala negara itu. Ketua Dekranasda Nusa Tenggara Timur, Julie Laiskodat mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan kemeja khas untuk para kepala negara dan itu sudah kirim ke Istana Negara.

Untuk pilihan warna, Julie mengatakan bahwa itu ditentukan Presiden Jokowi sendiri.

"Itu presiden sendiri yang memilih kepala negara mana pakai warna apa, itu beliau sendiri yang pilih," kata Ketua Dekranasda, Minggu (30/4/2023).

Baca Juga: Wakapolri Pastikan Sarana Prasarana ASEAN Summit di Labuan Bajo Aman

Ia mengaku, selain kemeja, pihaknya juga menyiapkan selendang yang akan digunakan oleh pasangan dari para kepala negara atau ibu negara dalam Spouse Program. Warna dan model dari selendang yang digunakan nanti dipilih oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

"Kita harus bangga produk kita digunakan oleh para kepala negara ASEAN nanti," kata Julie.

Baca Juga: Persiapan ASEAN Summit di Labuan Bajo On The Right Track, Begini Laporan Menlu

Sementara itu Bupati Manggarai Barat, Edi Endi mengatakan bahwa pihaknya juga menyiapkan motif tenun "mata manuk" yang merupakan motif khas dari Manggarai Barat.

Motif itu, kata Edi Endi, dibuat oleh istri Bupati Manggarai Barat pertama, Maria Elisabeth Pranda. Inspirasi motifnya berasal dari ayam yang kerap hadir dalam setiap ritual adat dan agama serta penerimaan tamu di Manggarai Barat.

"Terima kasih untuk istri mantan bupati yang telah menyiapkan ini. Semoga semuanya berjalan sesuai rencana," kata Edi. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga