124 Guru di Muna Barat Capai Passing Grade PPPK 2021 Dinyatakan Lulus

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 18 Januari 2023
0 dilihat
124 Guru di Muna Barat Capai Passing Grade PPPK 2021 Dinyatakan Lulus
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muna Barat siapkan 250 jumlah PPPK, namun 124 yang telah capai passing grade dinyatakan lulus. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Terhambat karena anggaran daerah, Pemerintah Daerah (Pemda) Muna Barat luluskan 124 orang dari 250 PPPK yang disiapkan "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Terhambat karena anggaran daerah, Pemerintah Daerah (Pemda) Muna Barat luluskan 124 orang dari 250 PPPK yang disiapkan.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muna Barat, Sudarmawan mengatakan, 124 orang jumlah yang dinyatakan lulus ini, bukan berarti tak melaksanakan tes, melainkan telah lulus passing grade pada tahun 2021.

Diperkuat oleh, Kabid Guru dan Ketenagaan Dikbud Muna Barat, Hasan mengatakan, sasaran PPPK yang dibutuhkan di Muna Barat yaitu hampir dari 300-400 lebih orang, namun 250 jumlah PPPK yang disiapkan.

Baca Juga: Seleksi Administrasi PPPK Tenaga Teknis Masuk Masa Sanggah

"124 orang telah tes memenuhi passing grade di 2021, sisanya telah tes melalui jalur observasi dan jalur tes umum," ungkapnya, Rabu, (18/1/2023).

Namun dikatakannya, setelah dihitung kebutuhan anggaran oleh pihak keuangan daerah kemudian telah dikonfirmasi oleh bupati, maka pihaknya hanya mampu membayar 124 orang PPPK, sebab alokasi anggaran berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 8 Tahun 2020 tentang Tata Cara Penyaluran Dana Alokasi Umum (DAU) tambahan Tahun Anggaran 2020.

"Yang dianggarkan tiap satu guru itu hanya kurang lebih Rp 1,3 juta, sedangkan kebutuhan bayar PPPK tiap guru Rp 2,9 juta (gaji pokok) di luar tunjangannya," ujarnya.

Sehingga dengan begitu, ia menjelaskan, sisa dari dana Rp 1,3 juta menjadi beban daerah, selanjutnya jika dipaksakan haru 250 orang jumlah PPPK maka sumber anggarannya tidak ada dalam hal ini pemerintah pusat ingin subsidi silang, tetapi adanya ketebatasan anggaran daerah maka telah disepakati untuk dikurangi menjadi 124 orang yang telah lulus passing grade pada tes tahun 2021 lalu.

Baca Juga: Intip Kelebihan PPPK yang Gajinya Bisa Kalahkan PNS

Selanjutnya, untuk sisa jumlah PPPK di Muna Barat, pada tahun 2023 ini akan dikomunikasikan kembali bersa BKDSM Muna Barat, pasalnya telah dilakukan uji petik oleh BPKP, sehingga dipaksa harus menyelesaikan program pemerintah yaitu program satu juta guru yang menjadi kewajiban daerah untuk menyambut program tersebut.

"Jadi kami (Dikbud Muna Barat) telah buat analisis anggarannya, nanti akan dilaporkan ke BKD dan kemudian akan dilanjutkan ke Bupati, jadi ada potensi pada jalur observasi dan jalur tes umum," pungkasnya.

Terlebih telah berkurang 124 orang guru, serta ditambah jumlah estimasi jumlah pensiunan guru, berarti hampir 300 guru yang dibutuhkan daerah untuk jenjang SMP dan SD untuk seluruh mata pelajaran. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga