15 Ciri-ciri Psikopat yang Perlu Diwaspadai

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Minggu, 22 November 2020
0 dilihat
15 Ciri-ciri Psikopat yang Perlu Diwaspadai
Ilustrasi ciri-ciri psikopat. Foto: hallosehat

" Ternyata, sebanyak 5 persen dari populasi dunia mempunyai tendensi menjadi seorang psikopat. "

KENDARI, TELISIK.ID - Psikopat merupakan gangguan kepribadian yang ditandai dengan beberapa ciri, di antaranya yaitu perilaku antisosial, tidak memiliki empati, dan memiliki temperamen yang sulit diprediksi.

Penyebab pasti psikopat tidak bisa diidentifikasi secara pasti. Gangguan ini diprediksi timbul karena pengaruh genetik dan pengalaman traumatis masa kecil.

Disimpulkan demikian, karena psikopat biasanya tumbuh dari latar belakang keluarga yang tidak harmonis.

Dilansir dari Psychology Today, Kamis (22/11/2020), istilah psikopat mulai digunakan sekitar tahun 1900 silam.

Awalnya, para peneliti sempat menggantinya dengan istilah sosiopat. Namun, sosiopat rupanya tidak memiliki dampak seburuk psikopat sehingga peneliti kembali menggunakan istilah psikopat.

Berdasarkan penelitian, individu dengan sifat psikopat sering menggunakan kepribadian palsu untuk berinteraksi dengan orang lain. Terkadang, mereka menggunakan 'topeng' untuk berkamuflase dengan lingkungan sekitar, salah satunya ketika mereka sedang berada dalam forum diskusi.

Ternyata, sebanyak 5 persen dari populasi dunia mempunyai tendensi menjadi seorang psikopat.

Mungkin Anda tidak pernah menyadari, bahwa psikopat adalah orang di sekitar Anda. Misalnya di kantor, kampus, atau orang yang duduk bersebelahan dengan Anda di angkot menuju tempat kerja.

Seseorang yang menjengkelkan atau perundung belum tentu termasuk dalam kategori psikopat.

Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi sehingga seseorang dapat dikategorikan mengidap kelainan jiwa tersebut, demikian seperti dijelaskan oleh Hare Psychopathy Checklist.

Terlebih lagi, psikopat sendiri tidak sama dengan gila, karena penderitanya menyadari sepenuhnya perbuatannya.

Untuk itu, berikut ini Telisik.id paparkan ciri-ciri psikopat yang perlu Anda waspadai dari cara berbicara hingga bertindak, seperti yang dihimpun dari berbagai sumber, Minggu (22/11/2020).

1. Mudah bosan

Seorang psikopat mengalami fase kebosanan kronis dalam hidupnya. Salah satu hipotesa umumnya adalah mereka cenderung memiliki titik rangsangan di bawah orang lain.

Menurut Schug, itulah mengapa mereka butuh melakukan hal yang menurut mereka menyenangkan secara terus menerus untuk merasa normal.

Sementara psikolog Randall Salekin, PhD mengatakan, asumsi tersebut bisa diartikan bahwa seorang psikopat bisa saja ada di antara kelompok orang dan sering menginisiasi kegiatan yang berorientasi menyenangkan.

2. Sangat menarik

Salah satu aspek yang mudah memperdayakan orang adalah cara bagaimana psikopat berinteraksi. Mereka seringkali muncul sebagai pribadi yang sebisa mungkin disukai orang lain.

Paul Babiak dan Robert Here dalam buku mereka, "Snakes in Suits: When Psychopaths Go to Work" menjelaskan, seorang psikopat dengan mudah memilih topik yang penting bagi kita dan menarik simpati. Terkadang pembahasan tersebut diikuti dengan antusiasme dan emosi tertentu.

Mereka memiliki kemampuan untuk mengumpulkan sejumlah orang, hal ini bahkan sering dilakukan di tempat kerja atau bahkan penjara.

Baca juga: Wajib Tahu, Perselingkuhan Kering dan Basah

3. Banyak berbohong

Tidak seperti para pembohong patologis yang berbohong tanpa motivasi dan kadang tak butuh alasan, pola berbohong para psikopat memiliki tujuan.

Mereka cenderung menipu atau memanipulasi demi tujuan tertentu.

"Misalnya menipu orang lain agar masuk ke perangkap mereka atau mencapai hubungan emosi tertentu" kata Schug.

Hal ini bisa digunakan mereka untuk mendapatkan promosi di tempat kerja, membangun hubungan, atau mengontrol pasangannya.

4. Kurang realistis

Banyak dari para psikopat lebih memilih hidup pada momentum tertentu, ketimbang melakukan perencanaan masa depan. Meskipun rencna yang mereka miliki sering kali tidak realistis untuk terjadi di masa depan.

Mereka cenderung tidak mampu memahami kehidupan nyata mereka.

Schug menjelaskan, jika kita bicara dengan para psikopat di penjara, misalnya, mungkin saja mereka mengatakan bercita-cita jadi astronot, ninja atau agen FBI.

"Target mereka seringkali jauh dari situasi saat itu," ujarnya.

5. Merasa unggul

Seorang psikopat cenderung menilai dirinya lebih baik dari orang di sekitarnya, itulah mengapa seringkali mereka tak peduli dengan dampak buruk yang terjadi dari aksi mereka.

Randall Salekin menjelaskan, dalam konteks pekerjaan, bisa jadi ia tak peduli dengan tim dan menolak saran orang lain hingga saran tersebut terbukti mampu menolong dirinya.

6. Empati yang hilang-timbul

Seorang psikopat tidak peduli dengan dampak dirinya terhadap orang lain, apakah dari segi finansial, sosial, atau pribadi. Hal itu diakibatkan ketidakmampuan mereka merasakan emosi bahkan bagi dirinya sendiri.

Namun, sebuah studi pada tahun 2013 mempelajari aktivitas otak berbagai kekerasan para psikopat dan menemukan ada area pada otak mereka yang diasosiasikan dengan berbagi penderitaan dengan orang lain.

Bagian tersebut bisa timbul dan hilang. Jadi, di lain kesempatan mereka bisa sangat empati dan manipulatif dengan orang lain.

7. Mudah marah

Psikopat adalah seseorang yang memiliki kelebihan rasa amarah, tak peduli dengan siapapun atau apapun yang mereka sedang lakukan.

Tak hanya fisik, dia juga bisa melakukan agresi verbal secara terus menerus.

Di luar hubungan, mereka bisa jadi sering marah dan sering terlibat dalam argumentasi.

Namun, seringkali pancaran pesona mereka menutupi sifat amarah tersebut

8. Berhubungan intim secara acak

Dengan kemampuannya tampil menarik dan tak mencurigakan di depan korbannya, para psikopat bisa memikat orang-orang tak terduga ke tempat tidur. Namun, mereka tak tertarik dengan komitmen.

Seks bagi para psikopat tidak hanya tentang orang lain, namun juga tentang kemampuan untuk memainkan ego mereka.

Baca juga: Mengenal Jenis Musik Relaksasi Pengantar Tidur

9. Impulsif dan tak bertanggungjawab

Hal ini bisa terlihat dari beberapa hal, seperti menarik hubungan dalam risiko, berselingkuh, sembrono terhadap pengelolaan finansial, atau menabrak aturan hukum.

10. Punya problematika masa kecil

Seorang psikopat mengalami gangguan personal dan kepribadiannya kerap berubah. Hal ini seringkali diakibatkan pengalaman masa kecil.

Sebuah studi yang dipublikasikan di The British Journal of Psychiatry menemukan, hiperaktif dan gangguan tingkah laku spesifik cenderung mengarah secara kuat pada prilaku psikopatik di usia dewasa.

11. Terkait dengan prilaku kriminal

Beberapa psikopat bisa jadi terhubung dengan kejahatan kerah putih alih-alih tindakan kriminal kekerasan.

Artinya, kamu cenderung lebih mudah dimanipulasi ketimbang sakit secara fisik.

Banyak kriminal yang melakukan sejumlah tindak kejahatan, seperti adiksi narkoba atau kekerasan anak. Tapi para psikopat cenderung ada di luar masyarakat.

12. Tak tertebak

Kepribadian seorang psikopat bisa berubah tergantung dari situasi dan jika ada manfaat yang akan didapatkannya. Mereka bisa secara dramatis berubah dari teman kerja yang baik menjadi dingin dan seperti orang lain.

Hal itu disampaikan oleh Aul Babiak dan Robert Hare dalam bukunya, "Snakes in Suits: When Psychopaths Go to Work".

13. Punya pola perilaku

Schug mengatakan, pada psikopat perilaku yang sama terjadi terus menerus sebab kepribadian tersebut adalah gangguan.

Kepribadian tersebut tercermin di tempat kerja, sekolah, keluarga, dan teman, juga ketika mereka remaja, muda dan dewasa.

Namun, meskipun mereka dicap sebagai psikopat, hampir tidak mungkin untuk melihat apakah sikap mereka menunjukan bukti sikap psikopatik atau hanya emosi yang muncul.

14. Motif dan Niat Sadis

Andrew Faas, penulis buku "The Bully's Trap" mengungkapkan bahwa tanda yang paling menonjol dari seorang psikopat adalah sifat sadis mereka.

Seorang psikopat memotivasi orang lain melalui rasa takut, dan bukannya rasa hormat, dan mereka berniat untuk menghancurkan daripada membetulkan.

15. Sensasional dan Kontroversial

Psikopat sangat menyukai aktivitas yang memiliki unsur bahaya fisik, atau sesuatu yang ilegal seperti kejahatan. Hal ini mereka lakukan karena psikopat cenderung memiliki sedikit sekali kepedulian terhadap keselamatan diri sendiri atau keselamatan orang lain.

Mereka akan berusaha meyakinkan orang di sekitarnya untuk terlibat dalam perilaku berisiko. (C)

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga