15 Tungku Smelter Bakal Dibangun di Kabupaten Konawe

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 09 Februari 2023
0 dilihat
15 Tungku Smelter Bakal Dibangun di Kabupaten Konawe
Sekda Konawe, Ferdinand Sapan mengaku pemda akan membangun 9 sampai 15 smelter di Kecamatan Amonggedo. Foto: Ist.

" Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, direncanakan akan membangun pabrik peleburan biji nikel dengan kapasitas 15 tungku smelter di Kecamatan Amonggedo "

KONAWE, TEKISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, direncanakan akan membangun pabrik peleburan biji nikel dengan kapasitas 15 tungku smelter di Kecamatan Amonggedo.

Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinand mengatakan, direncanakan sekitar 9 sampai 15 tungku rencana awal, namun, untuk masing-masing nilai investasi tungku sendiri belum diketahui pasti.

Ia juga memastikan, investasi itu akan meningkatkan perekonomian di Konawe serta berharap investasi itu inklusif dalam arti bukan cuma investornya yang diuntungkan.

Baca Juga: Petani Muna Barat Keluhkan Bibit dan Sumber Air

“Keuntungan itu juga akan diperoleh pemerintah daerah dan masyarakat sekitar. Walaupun skala smelter di Amonggedo lebih kecil dari yang akan dibangun di Kecamatan Routa,” ujarnya.

Ia menjelaskan meskipun skala kecil, teknologi yang akan digunakan nantinya baru dan ramah lingkungan untuk masyarakat sekitar.

Diketahui, dalam beberapa tahun terakhir Kabupaten Konawe seakan menjadi magnet bagi para investor dan para pencari kerja.

 

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa menilai fenomena pendatang memadati Konawe menjadi sebuah pola yang tidak bisa dihindari dan terjadi setiap tahunnya.

Baca Juga: 4 Tahun Tak Teraliri Air, 500 Hektare Sawah di Kolaka Timur Kembali Berfungsi

Ia juga menjelaskan, capaian itu merupakan kerja keras dari Pemerintah Kabupaten Konawe dalam memikirkan peningkatan kesejahteraan masyarakatnya, serta memberikan ruang kepada para investor untuk menanamkan sahamnya di Konawe.

Ia mengatakan, tahun 2023 ada tiga investasi besar yang bakal masuk ke Konawe. Ada di Kecamatan Routa, Kapoiala, dan Amonggedo.

"Tentunya perusahaan nantinya akan membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat,” tutupnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga