17 Wilayah Sultra Masih Berpotensi Hujan hingga Desember 2021

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Rabu, 29 September 2021
0 dilihat
17 Wilayah Sultra Masih Berpotensi Hujan hingga Desember 2021
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Foto: Ist.

" Awal musim hujan untuk wilayah Sultra untuk tahun 2021, alami kemajuan karena adanya fenomena La Nina di akhir tahun. "

KENDARI, TELISK.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) memprediksi, awal musim hujan akan dimulai pada akhir Oktober hingga Desember 2021.

Untuk wilayah sultra, yang akan mengalami musim hujan yaitu Baubau, Bombana bagian utara, Buton, Buton Selatan, Buton Utara, Kabaena, Kendari, Kolaka, Kolaka Timur bagian selatan, Konawe bagian selatan, Konawe Utara bagian utara, Konawe Selatan bagian utara, Konawe Kepulauan, Muna, Muna Barat, Muna daratan Buton dan Wakatobi.

Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Konawe Selatan, Aris Yunatas mengatakan, awal musim hujan untuk wilayah Sultra  untuk tahun 2021, alami kemajuan karena adanya fenomena La Nina di akhir tahun.

"Di akhir tahun akan muncul fenomena La Nina sehingga berdampak musim penghujan," ungkap Aris Yunatas melalui pesan WhatsApp, Rabu (29/9/2021).

Baca juga: APBD Perubahan Ditetapkan, Gubernur Wanti-Wanti Empat Hal ke OPD

Baca juga: Tidak Puas Penyelesaian Dikmudora, Dewan Buka Ruang untuk Guru SMPN 10 Kendari

Lebih lanjut, Aris Yunatas mengimbau kepada semua pihak untuk mewaspadai datangnya musim hujan tersebut apalagi disertai dengan fenomena La nina. Salah satu hal yang perlu diperhatikan yakni meningkatkan kesiapsiagaan penanganan bencana, melakukan pembersihan drainase serta pemangkasan pohon-pohon yang lapuk.

"Bagi nelayan yang akan melaut juga diimbau untuk mengatur jadwal melaut dengan menyesuaikan lokasi tangkapan dan memperhatikan informasi cuaca terkini," imbau Aris.

Sementara itu, Senior Forecaster BMKG Stasiun Klimatologi Konsel, Siti Risnayah menambahkan, untuk musim hujan yang terjadi pada akhir 2021, akan disertai curah hujan tinggi, angin kencang dan petir. Hal tersebut bisa berpotensi menimbulkan angin puting beliung, banjir dan tanah longsor.

“Untuk daerah rawan banjir di Sultra yakni Kolaka Utara, Konawe Selatan, Konawe Utara, Buton Utara dan Kendari,” ujarnya. (B)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga