18 Orang Positif COVID-19 di Buteng Jalani Karantina di Rumah

Mutarfin, telisik indonesia
Minggu, 17 Mei 2020
0 dilihat
18 Orang Positif COVID-19 di Buteng Jalani Karantina di Rumah
Ilustrasi karantina mandiri di rumah. Foto: Repro Google.com

" Kita sudah rapat tadi dan berkoordinasi dengan semua pihak Puskesmas se-Buton Tengah untuk membahas mekanisme penanganannya. "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Usai dinyatakan positif COVID-19, 18 orang di Buteng menjalani karantina. Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Buteng, dr Karyadi, menjelaskan, untuk rencana tindak penanganan ke-18 pasien tersebut, pihaknya sudah melakukan koordinasi.

"Kita sudah rapat tadi dan berkoordinasi dengan semua pihak Puskesmas se-Buton Tengah untuk membahas mekanisme penanganannya," tutur Dokter Karyadi.

Untuk pasien positif COVID-19 tanpa gejala, ada dua pilihan, apakah karantina di rumah masing-masing atau disiapkan tempat khusus dan mereka disatukan di tempat itu. Untuk menentukan langkah mana yang akan diambil, akan dibahas lebih lanjut.

Baca juga: Ingin Mudik Naik Kapal Laut, Harus Dilengkapi Surat Keterangan Negatif COVID-19

Ia menambahkan, pola karantina untuk OTG sebelum keluar hasil swabnya dan 18 orang positif, dikarantina di rumah masing-masing.

"Pada intinya kemarin mereka yang dinyatakan positif dan OTG sebagian besar dikarantina di rumahnya," tuturnya.

Selain itu, Tim Gugus merencanakan bakal melakukan contact tracking, siapa saja yang telah kontak langsung dengan 18 pasien positif COVID-19 ini. Mereka yang pernah kontak langsung akan dilakukan rapid test.

Karyadi berharap, 18 OTG positif di Buton Tengah ini cepat membaik atau pulih dan tidak menimbulkan gejala-gejala baru.

Reporter: Mutarfin

Editor: Rani

Baca Juga