20 Warga Muna Barat Bakal Berangkat Haji Tahun Ini

Putri Wulandari, telisik indonesia
Senin, 19 Februari 2024
0 dilihat
20 Warga Muna Barat Bakal Berangkat Haji Tahun Ini
Kepala Kemenag Muna Barat, Khalifah katakan 20 calon jamaah haji di Muna Barat telah memenuhi syarat dan siap diberangkatkan. Foto: Ist

" Sebanyak 20 warga Muna Barat bakal bergabung menjadi calon jamaah haji untuk tahun 2024 ini "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Sebanyak 20 warga Muna Barat bakal bergabung menjadi calon jamaah haji untuk tahun 2024 ini.

Kepala Kemenag Muna Barat, Khalifah mengatakan, para calon jamaah haji tersebut siap diberangkatkan ke tanah suci, namun sebelum diberangkatkan mereka terlebih dahulu mengikuti manasik haji.

Rencananya manasik haji bakal dilaksanakan pada Maret 2024 mendatang, akan dilakukan dua tahapan. Untuk tingkat kecamatan manasik haji dilakukan selama delapan hari, dan untuk tingkat kabupaten dilakukan hanya dua hari.

Baca Juga: Pemilihan Lanjutan di Muna Barat Tuai Sorotan, KPU Muna Barat Dianggap Lalai

Manasik haji sendiri memiliki arti sebagai serangkaian peragaan atau simulasi pelaksanaan ibadah haji yang dilakukan secara simbolis sesuai dengan rukun-rukunnya.

Biasanya, kata dia, pelaksanaan manasik haji melibatkan penggunaan replika Ka'bah dan elemen-elemen lain yang merupakan bagian penting dari ritual haji.

Ia menyebut, dari 20 calon jamaah haji telah memenuhi syarat termasuk dengan kesehatan jasmani dan rohani serta telah membayar biaya haji. Biaya haji untuk per orang sekitar Rp 58.475.595.

Kemudian, setelah nantinya calon jamaah haji tersebut telah menyelesaikan manasik haji akan mengikuti persiapan berangkat menuju Makassar, Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Pemungutan Suara Lanjutan di Muna Barat Tunggu Arahan KPU Sulawesi Tenggara

“Tahun 2023 hanya lima belas orang, 2024 sebanyak 20 orang,” pungkasnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Muna Barat, La Karimu mengatakan, untuk 20 calon jamaah haji ini akan dibiayai oleh Pemda Muna Barat yakni biaya tiket Muna Barat-Makassar termasuk akomodasi lainnya.

"Untuk jadwal keberangkatan belum dipastikan," ujarnya, Senin (19/2/2024). (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga