228 Calon Jemaah Haji Asal Kolaka Timur Berangkat dalam 3 Kloter

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 05 Juni 2023
0 dilihat
228 Calon Jemaah Haji Asal Kolaka Timur Berangkat dalam 3 Kloter
Pelepasan 228 calon jemaah haji asal Kolaka Timur, mereka akan menggunakam 3 kloter kebetangkatan. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Sebanyak 228 calon jemaah haji asal Kolaka Timur, bakal diberangkatkan dengan membagi menjadi 3 kloter "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Sebanyak 228 calon jemaah haji asal Kolaka Timur, bakal diberangkatkan dengan membagi menjadi 3 kloter.

Sekretaris Daerah Kolaka Timur, Andi Muh Iqbal Tongasa, resmi melepas pata calon Jjemaah haji tahun 1444 H/2023 M, di aula pemda setempat, Senin (5/6/2023).

Sekda mewanti-wanti seluruh calon jemaah haji Kolaka Timur yang berjumlah 228 untuk selalu menjaga kekompakan, serta kondisi fisik agar tetap prima dalam menjalankan rukun Islam yang ke lima ini.

“Calon jemaah haji ini, mereka inilah yang terpilih dan diberkahi Allah SWT untuk berangkat berhaji, karena semua umat Islam punya keinginan dan kemampuan untuk berangkat, tapi merekalah yang terpilih," jelasnya.

Baca Juga: Terus Bertambah, Ini Daftar Jemaah Haji Indonesia Meninggal di Tanah Suci

Ia juga mengatakan yang berangkat nanti jangan hanya semata-mata mencari ridho Allah SWT. Ia juga meminta luruskan niat, jaga kekompakan, hilangkan perbedaan, saling menolong dan sebagainya.

"Pokoknya persiapkan dengan baik kebutuhan haji ini,” ungkapnya.

Ia juga berpesan agar membawa barang sesuai kemampuan yang dibolehkan. Utamakan beribadah untuk meraih haji mabrur, dan semuanya kembali dalam keadaan sehat.

Sedangkan Kepala Kemenag Kolaka Timur, Muhammad Kadir Azis Al Yafie mengatakan, dari total 228 orang, merupakan jemaah terbesar sejak Kolaka Timur terbentuk.

"Dan masuk terbesar ketiga di Sulawesi Tenggara setelah Kota Kendari dan Kabupaten Kolaka," ungkapnya.

Ia merinci, dari 228 itu, sudah termasuk 9 prioritas lansia dan 49 tambahan kuota haji dari total 8 ribu tambahan secara nasional.

Nantinya lanjut Muhammad Kadir Azis Al Yafie, ke-228 jemaah itu akan diterbangkan menggunakan tiga kelompok terbang atau kloter.  Pertama menggunakan kloter 30 untuk 121 orang, akan berangkat dari Kolaka Timur pada 22 Juni, lalu diterima di embarkasi Makassar pada 13 Juni. Kemudian diberangkatkan ke Jeddah Arab Saudi, pada 14 Juni.  

Baca Juga: Kakek Jemaah Haji 95 Tahun Paksa Pesawat Berhenti, Mau Turun Ingat Ayam Belum Diberi Makan

Selanjutnya, kloter kedua, yakni jloter 31 untuk 58 jemaah, merupakan gabungan jemaah dari Sulawesi Selatan, akan berangkat dari Kolaka Timur 13 Juni, lalu diterima di embarkasi Makassar pada 14 Juni. Kemudian diberangkatkan ke Jeddah Arab Saudi, pada 15 Juni.

Kloter terakhir, untuk 49 jemaah yang merupakan kuota tambahan, akan bergabung di kloter 42 bersama jemaah tambahan lain se-Sulawesi Tenggara.  

Mereka akan berangkat dari Kolaka Timur pada 19 Juni, lalu diterima di embarkasi Makassar pada 20 Juni. Kemudian diberangkatkan ke Jeddah Arab Saudi, pada 21 Juni. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga