adplus-dvertising

3 Alasan Kucing Peliharaan Tidur di Dekat Pemiliknya

Haidir Muhari, telisik indonesia
Kamis, 27 Mei 2021
7606 dilihat
3 Alasan Kucing Peliharaan Tidur di Dekat Pemiliknya
Kucing di kaki majikannya. Foto: Repro Sayaajarkan.com

" Sering kali kucing memilih tidur di kaki ranjang demi keamanan dan keselamatan, untuk memberi tahu Anda jika hewan tersebut merasakan ancaman dan untuk melindungi Anda "

KENDARI, TELISIK.ID - Kucing adalah hewan yang suka sekali tidur, bahkan bisa lebih dari 16 jam sehari.

Kucing kerap bertingkah manja dan bikin gemas tuannya. Hewan ini berguling-guling, mengusapkan kepalanya ke tubuh, meringkuk di kaki, atau bahkan tidur di dekat kaki pemiliknya.

Kucing termasuk hewan yang suka sekali tidur, bahkan bisa dari 16 jam sehari. Ia juga bisa tidur di mana saja, di atas tempat tidur, di lemari, atau di atas keyboard komputer, bahkan di atas tubuh pemiliknya.


Sikap kucing seperti itu konon didorong oleh nalurinya. Menurut Erin Askeland, Konsultan Kesehatan dan Perilaku Hewan untuk Camp Bow Wow, setidaknya ada tiga alasan kucing tidur di dekat pemiliknya.

1. Keselamatan

Saat pemiliknya tidur, kucing menyadari bahwa tingkat kerentanan penjagaan meningkat. Kucing memilih tidur di sisi tuannya, misalnya di tepi ranjang, demi keamanan dan keselamatan.

Baca Juga: 6 Tanaman Hias yang Hasilkan Oksigen dan Serap Racun di Malam Hari

Posisi di tepi ranjang atau di jendela cukup strategis untuk memberi tahu dan melindungi majikannya akan adanya ancaman. Selain itu jangkauan pandangan bisa lebih besar, plus keleluasaan bergerak ke segala arah.

"Sering kali kucing memilih tidur di kaki ranjang demi keamanan dan keselamatan, untuk memberi tahu Anda jika hewan tersebut merasakan ancaman dan untuk melindungi Anda," tutur Askeland seperti dilansir dari Kompas.com

2. Ungkapan Terima Kasih

Kucing termasuk hewan yang mandiri. Ia kerap tidur di dekat pemiliknya sebagai ungkapan kasih dan penghargaan kepada pemiliknya yang telah merawat dan menafkahinya.

Hal itu adalah naluri makhluk hidup. Begitu pun kucing. Ia sadar orang yang memberinya makan, minum, kudapan, mengajak mereka bermain, dan memberi mereka kasih sayang.

"Jadi mereka akan mencari orang yang sudah memeliharanya dan menawarkan balasan kepada majikannya dengan cara tidur atau bertengger di kaki majikannya," ungkap Erin dilansir dari Sayaajarkan.com

Baca Juga: Belum Tentu Pertanda Hamil, Kenali Penyebab Telat Datang Bulan

3. Kehangatan

Hal lain yang membuat kucing tidur di dekat majikannya adalah untuk mendapatkan kehangatan. Ini yang menyebabkan pindah ke kepala atau bagian tubuh lainnya pada malam hari. Setelah mendapatkan kehangatan, kucing biasanya akan kembali ke kaki tuannya.

"Saat suhu tubuh Anda berubah, kucing Anda pindah ke tempat yang lebih hangat atau lebih dingin tergantung pada kebutuhan kucing itu sendiri," kata Askeland. (C)

Reporter: Haidir Muhari

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga