3 Bahan Sehat Tambahan Minum Kopi, Wajib Coba

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 24 Oktober 2022
0 dilihat
3 Bahan Sehat Tambahan Minum Kopi, Wajib Coba
Minuman kopi ternyata bisa ditambahkan dengan bahan alami lainnya yang juga punya manfaat bagi kesehatan. Foto: Repro okezone.com

" Kopi menjadi minuman yang banyak digemari. Karena mengandung banyak manfaat, termasuk bisa ditambahkan dengan bahan alami lainnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Kopi menjadi minuman yang banyak digemari. Karena mengandung banyak manfaat, termasuk bisa ditambahkan dengan bahan alami lainnya.

Dikutip dari merdeka.com, kopi merupakan salah satu jenis minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Meminum kopi bagi sebagian orang telah menjadi ritual di pagi hari sebelum memulai aktivitas.

Kopi dikonsumsi dan digemari oleh semua kalangan usia. Apalagi kopi memang dinyakini mengandung banyam manfaat di dalamnya. Maka wajar saja banyak orang dari berbagai kalangan gemar minum kopi

Namun ternyata, ada beberapa bahan yang bisa jadi tambahan untuk minum kopi. Manfaatnya pun lebih banyak lagi.

Baca Juga: Ini Jumlah Aman Minum Kopi per Hari

Melansir yoursay.id yang merangkum Camille Styles, berikut ini tiga bahan sehat untuk tambahan minum kopi:

1. Kayu Manis

Kalau tidak ingin ada kalori tambahan, kamu bisa menambahkan serbuk kayu manis ke dalam kopi. Hal itu menambahkan cita rasa manis yang khas dan dosis antioksidan yang kuat serta lezat. Kayu manis juga memiliki senyawa pelindung dan bisa meningkatkan kekebalan tubuhmu.

Sebuah studi dari University of Western Sydney menunjukkan bahwa antioksidan dalam kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Kalau kamu sedang diet, kayu manis juga cocok sebagai pengganti gula. Oleh karena itu, cocok sekali untuk penderita diabetes.

Selain bubuknya, kamu bisa menyeduh kopi menggunakan batang kayu manis sebagai alat pengaduk. Namun perlu diingatkan bahwa kamu tidak bisa mengonsumsinya setiap hari karena bisa menimbulkan toksisitas atau kerusakan hati.

2. Ekstrak Vanila

Kamu tidak perlu lagi bergantung pada gula atau krim untuk menjadi pemanis kopi. Coba gunakan beberapa tetes vanila murni yang telah diekstrasi. Vanila telah terbukti bisa mengurangi sakit perut dan masalah pencernaan.

Kandungan vanilin dan asam vanilat pada ekstrak vanila memiliki potensi antioksidan dan dapat melindungi sel-sel otak dari stres oksidatif.

Baca Juga: Kenali Kondisi Kesehatan Lewat 11 Warna Urine Ini

Kalau kamu mencium aromanya juga bisa membuat tubuh menjadi jauh lebih tenang. Selain ekstrak vanila, kamu juga bisa coba untuk menambahkan kacang vanila agar rasanya jauh lebih terasa dan nikmat untuk diminum.

3. Santan

Bahan yang satu ini aangat cocok untuk kamu yang ingin mengganti susu menjadi bahan yang lebih rendah kalori. Kamu juga nantinya juga akan mendapatkan kandungan vitamin C, E, dan B yang sehat. Kandungan lain, seperti antioksidan, besi dan magnesium juga bisa membantumu agar lebih sehat.

Santan juga memiliki manfaat untuk melawan virus dan bakteri. Kamu bisa menuangkan beberapa sendok santan dan aduk bersama kopi.

Jika masih kurang manis, kamu bisa menambahkan sirup maple di dalamnya. Perpaduan antara santan dan kayu manis juga akan membuat rasa jauh lebih nikmat dari sebelumnya.

Nah, itulah tiga bahan alami yang baik untuk kesehatan sebagai tambahan minuman kopi. Selamat mencoba. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga