3 Cara Mudah Mengurangi Rasa Trauma di Masa Lalu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 19 November 2022
0 dilihat
3 Cara Mudah Mengurangi Rasa Trauma di Masa Lalu
Trauma terhadap masa lalu dapat memberikan dampak negatif bagi kehidupan di masa kini. Foto: Repro iStockphoto

" Trauma terhadap masa lalu menjadi kondisi yang seringkali dialami seseorang. Jika hal ini dibiarkan, maka itu akan memberikan dampak negatif bagi kehidupan hari-hari "

KENDARI, TELISIK.ID - Trauma terhadap masa lalu menjadi kondisi yang seringkali dialami seseorang. Jika hal ini dibiarkan, maka itu akan memberikan dampak negatif bagi kehidupan hari-hari.

Dikutip dari halodoc.com, trauma masa lalu merupakan pengalaman emosional yang ditandai dengan ketidakmampuan seseorang untuk melepaskan diri dari memori negatif di masa lalu.

Pada umumnya, trauma masa lalu disebabkan oleh sejumlah kejadian yang tidak menyenangkan. Hal ini pun bisa memberikan dampak negatif dalam kehidupan kita.

Olehnya itu, penting untuk mengetahui cara mengurangi trauma terhadap masa lalu ini.

Baca Juga: Tips Sederhana Atasi Lengan Berlemak

Melansir yoursay.id, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar trauma terhadap masa lalu dapat diatasi:

1. Teruslah sadari bahwa dirimu berharga

Jangan membuat rasa trauma menjadikan dirimu seseorang yang tidak bisa mencintai dirimu sendiri. Setiap orang memiliki kelebihan masing-masing dalam dirinya, maka dari itu kamu harus bisa merasa bahwa dirimu pun berharga.

Tidak ada satu orang pun yang bisa merendahkan derajat seseorang. Dengan rasa trauma yang ada, jangan biarkan trauma itu terus menang untuk melukai dirimu, kamu harus bisa semangat dan terus menjalani hari-hari yang lebih baik, agar apa yang terjadi di masa lalu akan bisa kamu terima dengan hati yang sudah jernih. 

2. Terimalah perasaan yang sedang ada dalam dirimu

Rasa kecewa, rasa sedih, semua itu mau tidak mau harus kita terima dan rasakan. Dalam kehidupan ada kalanya kita tidak merasa bahagia, yang salah satunya adalah rasa trauma yang pernah terjadi dalam diri kita dan itu membuat diri kita cukup merasa sedih.

Jika kamu sedang mengalami trauma di masa lalu, bukan berarti kamu menolak perasaan itu yang pada akhirnya memang sulit juga untuk secepat itu melupakan trauma yang pernah terjadi.

Sebaiknya rasa trauma itu kamu terima dulu, kamu rasakan secara sadar, kamu pun harus ingat bahwa setiap orang dan termasuk dirimu adalah manusia biasa yang pasti pernah melakukan kesalahan.

Jika sudah kamu terima rasa trauma tersebut, mulailah tersenyum dan berilah kalimat positif untuk dirimu yang bisa membuat kamu berkembang lagi.

Rasa trauma tidak membuat dirimu cukup sampai di titik ini, kamu masih perlu melanjutkan kehidupan yang bisa kamu buat sebaik mungkin. 

3. Percayalah bahwa semua yang sudah berlalu akan hilang secara perlahan

Hal yang paling penting adalah kamu harus percaya dengan dirimu sendiri yang bisa secara perlahan mengubah hidupmu menjadi lebih baik dari hari ke hari. Rasa trauma memang ada di masa lalu dan terbawa sampai sampai saat ini.

Baca Juga: 5 Cara Ini Bisa Membuat Haid Teratur, Wanita Wajib Tahu

Semua itu wajar, semua itu memang manusiawi, tapi pikiranmu harus lebih tinggi daripada rasa trauma yang hadir dalam dirimu. Kamu harus memiliki pikiran yang sangat positif, di mana pikiranmu akan membawamu ke arah yang baik jika pikirannya pun selalu baik. 

Percayalah bahwa trauma yang pernah kamu alami akan hilang walau tidak secepat itu, tapi pasti akan bisa dihilangkan dengan secara perlahan, semua pun butuh proses termasuk menyembuhkan diri dari rasa trauma.

Tidak perlu khawatir, semua akan baik-baik saja saat kita bisa belajar dari rasa trauma yang akan terus menjadi pelajaran yang membuat diri kita bisa lebih dewasa. 

Nah, itulah beberapa tips sederhana yang bisa kita lakukan agar rasa trauma yang mengganggu dalam diri dapat diatasi. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga