3 Ciri Kecerdasan Interpersonal Anak, Orang Tua Wajib Tahu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 08 Desember 2022
0 dilihat
3 Ciri Kecerdasan Interpersonal Anak, Orang Tua Wajib Tahu
Kecerdasan interpersonal merupakan kemampuan anak untuk memahami emosi dan perilaku orang lain. Foto: Repro alodokter.com

" ecerdasan interpersonal merupakan salah satu jenis kecerdasan dalam Theory of Multiple Intelligences milik Howard Gardner "

KENDARI, TELISIK.ID - Setiap anak memiliki keunikannya masing-masing. Salah satu yang jadi pembeda adalah jenis-jenis kecerdasan yang mereka miliki, diantaranya adalah kecerdasan interpersonal.

Dikutip dari sehatq.com, kecerdasan interpersonal merupakan salah satu jenis kecerdasan dalam Theory of Multiple Intelligences milik Howard Gardner.

Dulu, adanya klasifikasi intelegensi ini berdampak sangat besar bagi dunia pendidikan. Artinya, anak dengan talenta tertentu bisa diarahkan sesuai dengan kemampuan mereka.

Secara garis besar, pengertian kecerdasan interpersonal adalah kemampuan untuk memahami emosi dan perilaku orang lain.

Selain itu, kecerdasan ini juga berarti bagaimana berkomunikasi secara efektif dengan siapa pun lawan bicaranya.

Baca Juga: Link Nonton Serial Kupu-Kupu Malam yang Viral karena Banyak Adegan Seks

Meskipun teori kecerdasan interpersonal Gardner kadang dianggap tidak sepenting kecerdasan logis atau matematis, kualitas kehidupan anak dengan jenis kecerdasan ini biasanya lebih baik.

Olehnya itu sebelum memberikan arahan dan membantu anak dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal, penting bagi Anda untuk terlebih dahulu mengamati ciri-cirinya.

Melansir hellosehat.com, berikut ciri-ciri anak memiliki kecerdasan interpersonal:

1. Pandai berkomunikasi

Ciri-ciri paling umum anak yang memiliki kecerdasan interpesonal adalah dapat berkomunikasi dengan baik dan efektif.

Bahkan, ia mampu menciptakan hubungan sosial baru dan mempertahankan hubungan sehingga tidak musnah dan senantiasa berkembang semakin intim atau penuh makna.

2. Memahami orang lain

Dengan kemampuan interpersonal, anak Anda akan mampu untuk mengidentifikasi dirinya dengan orang lain dan membayangkan dirinya sendiri pada posisi mereka atau orang lain.

Memiliki kemampuan tersebut menjadi hal yang penting, terlebih lagi bila anak Anda dalam posisi menjadi pemimpin misalnya sebagai ketua kelas atau ketua regu belajar.

Baca Juga: Siskaeee Blak-blakan Sudah Bercinta dengan 200 Pria Pernah Berhubungan di Jalan Tol

Alasannya, karena sifat ini dapat membantu anak agar peduli dan memahami terhadap anggota timnya.

3. Mampu beradaptasi

Apabila anak Anda memiliki kecerdasan interpersonal yang baik akan dapat membangun dan mengembangkan hubungan yang harmonis dengan orang lain.

Si Kecil juga mampu menempatkan dirinya dalam situasi apapun dengan baik dalam hubungannya dengan orang lain sehingga membuat orang-orang di sekitar merasa nyaman berinteraksi dengannya.

Nah, itulah beberapa ciri yang ada pada anak jika ia memiliki kecerdasan interpersonal yang dapat dikembangkan. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga