3 Tanda Kamu Sedang Alami Stres Berat

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 10 Agustus 2022
0 dilihat
3 Tanda Kamu Sedang Alami Stres Berat
Stres merupakan kondisi yang alami ketika kita mengalami tekanan hidup. Foto: Repro honestdoc

" Stres berat akan berbahaya jika tidak segera dihilangkan karena dapat merusak mental "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kondisi mental yang seringkali dialami seseorang adalah stres. Stres merupakan reaksi yang disebabkan oleh tekanan, perubahan lingkungan atau ancaman.

Pada umumnya, seperti dikutip dari kemkes.go.id, stres adalah reaksi seseorang baik secara fisik maupun emosional (mental/psikis) apabila ada perubahan dari lingkungan yang mengharuskan seseorang menyesuaikan diri.

Stres adalah bagian alami dan penting dari kehidupan, tetapi apabila berat dan berlangsung lama dapat merusak kesehatan kita.

Biasanya ada dua kondisi yang dialami seseorang, yakni stres dalam kategori ringan dan berat.

Stres ringan atau hanya datang sesaat, merupakan hal yang normal dan pasti dilalui setiap manusia. Namun adakalanya stres ini akan terasa sangat berat hingga menjadi berlarut-larut dalam jangka waktu yang lama. 

Stres berat ini akan berbahaya jika tidak segera dihilangkan karena dapat merusak mental.

Oleh karena itu perlu diketahui tanda-tanda stres berat agar bisa segera menghilangkannya.

Baca Juga: 13 Ide Lomba Unik Menyambut HUT Kemerdekaan RI

Melansir yoursay.id, berikut tiga tanda yang dapat kamu kenali saat kamu sedang stres berat:

1. Bad mood

Bad mood atau mood yang buruk biasanya disebabkan oleh hal-hal yang buruk atau sesuatu yang tidak berjalan sesuai angan-angan kita.

Namun jika kamu merasa selalu ingin marah bahkan pada hal kecil yang biasanya terjadi di hidupmu, bisa jadi pertanda bahwa kamu sedang mengalami stres berat.

Bila kamu merasakannya, maka cobalah untuk mencari penyebab stresmu. Mulailah untuk memperbaikinya lalu lakukanlah refreshing atau healing. Berikanlah apresiasi diri dan suntikan semangat ke dalam dirimu sendiri.

Kamu juga bisa meminta bantuan teman, keluarga atau pasangan untuk menetralisir stres dan memperbaiki moodmu.

2. Gangguan tidur

Mungkin akhir-akhir ini kamu tertidur lebih lama dari jam tidurmu biasanya, atau sebaliknya kamu tidak memiliki tidur yang cukup, ini bisa menjadi pertanda bahwa kamu sedang mengalami stres.

Stres dapat mengganggu tidur karena kondisi ini akan berpengaruh besar pada otak di mana asal rasa kantuk berasal.

Baca Juga: Catat, Ini 5 Ciri Anak yang Bakal Sukses di Masa Depan

Jika kamu mengalami gangguan tidur, cobalah untuk memperbaiki pola hidupmu dan hilangkan penyebab stresmu. Jika kamu merasa tidak mampu mengatasinya hingga menjadi gangguan tidur yang ekstrem, pergilah ke psikiater untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

3. Gampang sakit

Orang yang stres berat akan mengalami penurunan daya tahan tubuh karena stres ini akan mempengaruhi gaya hidup seseorang.

Gaya hidup yang tidak baik inilah yang membuat seseorang mudah sakit dan ditambah dengan tekanan pada pikiran yang membuat seseorang dapat merasa terbelunggu, sedih, susah atau bahkan depresi. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga