3 Tips Aman Bepergian saat Puasa

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 31 Maret 2023
0 dilihat
3 Tips Aman Bepergian saat Puasa
Jika seorang muslim kuat berpuasa saat bepergian jauh, puasanya tetap sah. Foto: Shutterstock

" Saat melakukan perjalanan jauh ketika berpuasa ada hal yang harus diperhatikan. Sehingga ibadah puasa tetap aman hingga tujuan "

KENDARI, TELISIK.ID - Saat melakukan perjalanan jauh ketika berpuasa ada hal yang harus diperhatikan. Sehingga ibadah puasa tetap aman hingga tujuan.

Pada umumnya, dikutip dari detik.com, meskipun diwajibkan pada keadaan tertentu seseorang boleh membatalkan puasa jika bisa merugikan dan berakibat fatal terhadap dirinya atau bisa disebut sebagai darurat. Misalnya, orang yang berpuasa saat tengah menjalani perjalanan jauh.

Hukum puasa Ramadhan ketika perjalanan jauh adalah tidak wajib, tapi umat Islam wajib melakukan puasa qadha atau puasa ganti di luar bulan ramadan.

Namun jika seseorang kuat dan mampu melakukan puasa Ramadhan ketika perjalanan jauh, maka hukum puasanya tetap sah.

Baca Juga: Simak 4 Tips Mengatur Jam Tidur saat Menjalani Puasa Ramadan

Melansir yoursay.id, berikut beberapa tips aman bepergian saat berpuasa ke luar kota:

1. Membawa bekal sebagai persiapan buka di perjalanan

Saat berada di perjalanan akan sulit untuk menyiapkan makanan yang lengkap seperti di rumah. Untuk itu kamu perlu menyediakan bekal yang dapat mengembalikan tenaga seperti sedia kala dan mudah untuk dibawa ke mana saja.

Untuk makanan buka kamu dapat membawa makanan berupa roti-rotian yang mudah untuk disimpan serta dibawa. Sedangkan untuk varian minuman kamu dapat memilih air mineral beserta tambahan minuman air kelapa.

Dilansir dari Healthline, air kelapa mengandung elektrolit di antaranya potasium dan sodium yang baik untuk mencegah diri dari dehidrasi. 

2. Pelajari jam berbuka di destinasi yang dituju

Ketika bepergian tentulah jam berbuka juga akan menyesuaikan tempat yang kita tuju. Jam berbuka dan sahur akan berbeda dari yang biasa kita lakukan saat di rumah.

Untuk itu jangan lupa mencatat jam berbuka di kota tujuan untuk mencegah terjadinya kelebihan waktu saat berbuka. Kamu dapat menggunakan mesin pencari untuk memastikan jam berbuka yang sesuai dengan kota yang kamu tuju. 

3. Pilih transportasi yang nyaman dan aman

Transportasi adalah fitur penting yang tidak boleh kamu abaikan saat hendak melakukan perjalanan. Kendaraan yang nyaman akan mendukung puasamu berjalan dengan lancar.

Berbeda dengan perjalanan yang dilakukan saat tidak berpuasa yang ketika bosan dapat kamu isi sambil makan kudapan, akan jadi ujian nantinya bila suasana transportasi yang kamu pilih menyulitkanmu saat berpuasa. 

Baca Juga: 7 Cara Kecilkan Perut Buncit Saat Puasa

Sebagai pilihan kamu dapat membuat daftar kendaraan apa saja yang cocok digunakan saat perjalanan jauh. Untuk darat kamu dapat memilih naik bis atau kereta api.

Sedangkan untuk udara pesawat bisa menjadi jawaban agar waktu perjalananmu lebih singkat dan tidak memakan waktu lama. 

Nah, itulah beberapa tips mudah yang dapat Telisikers lakukan saat akan bepergian ke luar kota dalam keadaan puasa. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga