3 Tips Hilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 28 Maret 2023
0 dilihat
3 Tips Hilangkan Bau Mulut Saat Puasa
Rutin minum air putih ternyata bisa membantu mengurangi bau mulut karena minum air putih juga dapat membilas rongga mulut dari sisa-sisa makanan yang bisa menjadi penyebab bau mulut. Foto: Repro Halodoc.com

" Ada beberapa makanan yang harus dihindari karena membuat bau mulut menjadi sangat menyengat "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu permasalahan yang cukup mengganggu, baik bagi individu itu sendiri maupun orang lain adalah bau mulut. Namun, bagaimana menjaga bau mulut untuk tetap segar saat puasa? Jangan khawatir, ada beberapa cara menghilangkan bau mulut yang bisa dicoba agar napas menjadi lebih segar.

1. Hindari makanan penyebab bau mulut

Mengutip Siloamhospital.com, hindari makanan penyebab bau mulut adalah cara pertama yang bisa Anda lakukan. Ada beberapa makanan yang bisa membuat bau mulut menjadi sangat menyengat, di antaranya yaitu petai, bawang putih, jengkol, durian dan lain sebagainya.

Makanan penyebab bau mulut di atas memiliki senyawa yang jika melalui proses pencernaan dapat menghasilkan senyawa sulfur yang mengakibatkan bau mulut. Karena itu, mengonsumsi makanan tersebut bisa menyebabkan bau mulut jadi cukup menyengat.

Baca Juga: 5 Tips Diet Sehat Saat Puasa

Jadi, sebaiknya Anda membatasi konsumsi makanan yang memicu terjadinya bau mulut. Atau, cara menghilangkan bau mulut dari makanan ini juga bisa Anda lakukan dengan menyikat gigi serta berkumur-kumur tepat setelah meminumnya.

2. Berkumur dengan Mouthwash

Dilansir dari Halodoc.com, sikat gigi tidak cukup untuk mengatasi bau mulut saat puasa. Mouthwash efektif juga dalam melawan bakteri yang mungkin masih terselip di area-area yang sulit dijangkau sikat gigi. Mouthwash juga mengandung bahan yang bisa menyegarkan napas. Kamu juga bisa berkumur dengan air garam. Ia akan bekerja sebagai agen antibakteri alami yang membunuh bakteri penyebab bau.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Makan Minum Saat Ramadan yang Perlu Dihindari

3. Rutin Minum Air Putih

Mulut yang kering dalam kurun waktu lama cenderung mengakibatkan aromanya menjadi tidak sedap. Biasanya, mulut kering disebabkan oleh produksi air liur yang sedikit. Untuk mengatasinya, Anda bisa rutin minum air putih minimal 2 liter setiap harinya. 

Minum air putih yang cukup bisa meningkatkan produksi air liur dan membuat rongga mulut lebih lembap. Minum air putih juga dapat membilas rongga mulut Anda dari sisa-sisa makanan yang bisa menjadi penyebab bau mulut. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga