adplus-dvertising

30 ABG Ribut di Pesawat Gegara Tolak Pakai Masker, Penerbangan Tertunda

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 07 Juli 2021
1091 dilihat
30 ABG Ribut di Pesawat Gegara Tolak Pakai Masker, Penerbangan Tertunda
Air Plane pictures. Foto: Repro Unsplash.com

" Pemakaian masker diwajibkan untuk penumpang pesawat di berbagai wilayah AS selama pandemi virus Corona (COVID-19) "

NORTH CAROLINA, TELISIK.ID - Sebuah penerbangan maskapai American Airlines dari Amerika Serikat (AS) tujuan Bahama tertunda selama satu hari setelah puluhan penumpang remaja menolak untuk memakai masker.

Pemakaian masker diwajibkan untuk penumpang pesawat di berbagai wilayah AS selama pandemi virus Corona (COVID-19).

Dilansir AFP, Rabu (7/7/2021), pesawat dengan nomor penerbangan 893 ini dijadwalkan lepas landas dari Bandara Charlotte Douglas, North Carolina pada Senin (5/7/2021) malam, namun baru menuju landasan pada Selasa (6/7/2021) pagi waktu setempat.


Penerbangan ini awalnya tertunda beberapa jam karena adanya masalah mesin. Namun ketika pesawat siap berangkat, terjadi adu argumen antara awak pesawat dengan sekelompok remaja yang menolak memakai masker.

Baca Juga: Masjid di Kendari Akan Ditutup Sementara, Begini Dalilnya dalam Hadits

Laporan televisi lokal, WSOC-TV, menyebut sekelompok remaja itu menolak mematuhi aturan federal di AS yang mewajibkan seluruh penumpang memakai masker di dalam pesawat untuk memerangi penyebaran Corona. Aksi remaja-remaja itu memicu keributan di dalam pesawat.

"Itu buruk. Pertama, mereka berteriak. Mereka memaki. Mereka sangat menjengkelkan," tutu salah satu saksi mata bernama Malik Banks.

Dilansir detik.com, kelompok yang memicu penundaan penerbangan itu terdiri atas 30 remaja sekolah menengah dari Boston yang hendak merayakan kelulusan mereka di Bahama.

Mereka berakhir setuju memakai masker keesokan harinya, setelah bermalam di bandara.

Laporan media lokal menyebut polisi setempat tidak melakukan penangkapan terkait insiden itu.

Baca Juga: Wartawan Kriminal Ditembak Mati Usai Hadiri Acara Televisi

Menurut sejumlah maskapai AS, insiden itu mencerminkan penurunan secara umum untuk kesopanan di dalam pesawat.

Serikat dan federasi industri penerbangan AS pekan lalu menyerukan Departemen Kehakiman untuk mengambil pendekatan lebih sistematis untuk menindak insiden kekerasan di pesawat.

Sejak 1 Januari 2021, menurut data Otoritas Penerbangan Federal (FAA), tercatat ada 3.271 insiden melibatkan penumpang yang dilaporkan terjadi dalam penerbangan di AS. Angka itu mencakup 2.475 penumpang yang menolak memakai masker selama pandemi. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga