4 Bahan Alami Bisa Jadi Pembersih Lantai

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 11 Maret 2023
0 dilihat
4 Bahan Alami Bisa Jadi Pembersih Lantai
Banyak bahan bisa digunakan untuk membersihkan lantai, di antaranya adalah bahan alami. Foto: Repro google.com

" Lantai rumah yang bersih tidak hanya membuat rumah tampak indah dan terawat, tapi juga mendatangkan kesehatan bagi penghuninya "

KENDARI, TELISIK.ID - Membersihkan lantai rumah menjadi pekerjaan rutin tiap hari. Banyak bahan bisa digunakan untuk membersihkan lantai, di antaranya adalah bahan alami.

Pada umumnya, dikutip dari kompas.com, lantai merupakan bagian krusial dalam sebuah rumah atau bangunan lantaran hampir semua kegiatan dilakukan di atas lantai. 

Karena itu, penting menjaga kebersihan lantai dengan membersihkannya secara rutin. Lantai rumah yang bersih tidak hanya membuat rumah tampak indah dan terawat, tapi juga mendatangkan kesehatan bagi penghuninya. 

Tak hanya itu, membersihkan lantai juga memberikan keuntungan dalam hal estetika, kebersihan, dan melindungi lantai sebagai investasi di rumah Anda. 

Melansir yoursay.id, berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk jadi pembersih lantai:

1. Ampas kelapa

Cara ini sering saya jumpai sewaktu saya masih kecil, zaman dulu banyak orang yang menggunakan bahan ini untuk membersihkan lantai. Dan hasilnya memang tak diragukan lagi, lantai akan terlihat sangat bersih.

Baca Juga: 4 Manfaat Rajin Bersosialisasi

Langkah yang perlu dilakukan hanya dengan menggosokkan ampas kelapa ke lantai sampai merata, setelah itu diamkan beberapa menit. Selanjutnya sapu bekas ampas kelapa yang ada di lantai sampai bersih, langkah terakhir adalah mengelap lantai tadi dengan kain basah.

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun yang biasa kita kenal karena manfaatnya untuk kesehatan, ternyata bisa juga loh dijadikan sebagai pembersih lantai.

Menariknya, lantai yang kita bersihkan dengan minyak ini tidak akan berminyak seperti yang kita bayangkan, tapi justru lantai akan bersih mengkilap.

Caranya cukup mudah, campurkan minyak zaitun dengan perasan lemon lalu tambahkan air. Aduk ketiga bahan ini sampai tercampur merata, setelah tercampur lalu gunakan untuk membersihkan lantai.

3. Sereh

Siapa sangka bahwa bumbu dapur yang satu ini bisa digunakan untuk membersihkan lantai secara alami? Hal ini dikarenakan kandungan minyak yang terdapat dalam sereh dapat mengusir berbagai jenis serangga penggangu.

Baca Juga: 4 Tips Gaya Hidup Minimalis, Patut Dicoba

Kamu hanya perlu mencampurkan sereh ke dalam air, lalu menggunakannya untuk mengepel lantai.

4. Lemon

Manfaat lemon untuk bahan pembersih memang sudah tak perlu diragukan lagi, bahkan banyak bahan-bahan pembersih kimia yang menggunakan ekstrak lemon ini.

Maka dari itu tak ada salahnya menggunakan lemon segar untuk membersihkan lantai secara alami. Lemon juga memiliki kandungan asam yang berkhasiat untuk membasmi jamur di lantai.

Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan perasan lemon, garam dan air. Gunakan campuran ini untuk membersihkan lantai, setelah selesai, jangan lupa untuk membilas lantai dengan kain basah.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk membersihkan pantai. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga