adplus-dvertising

4 Bahasa Terbaru di Dunia

Haidir Muhari, telisik indonesia
Kamis, 06 Mei 2021
1436 dilihat
4 Bahasa Terbaru di Dunia
Anak-anak penutur bahasa light warlpiri. Foto: Repro Wikipedia.org

" Ada juga yang berpendapat bahwa bahasa seiring dengan peradaban manusia. Selain ada bahasa tertua, teryata ada beberapa bahasa terbaru di dunia. "

KENDARI, TELISIK.ID - Bahasa sebagai alat komunikasi adalah salah satu kemampuan unik yang dipunyai manusia.

Jumlah bahasa daerah di Indonesia ada 718. Di dunia yang dituturkan manusia terdapat lebih dari 7.000 bahasa.

Beberapa catatan sejarah tentang asal-muasal bahasa masih berupa hipotesis. Menurut Noam Chomsky, dilansir dari Bobogrid.id, bahasa muncul sekitar 60.000 hingga 100.000 tahun yang lalu di Afrika.


Sebelum bahasa ditemukan, diperkirakan manusia berkomunikasi menggunakan suara-suara yang dihasilkan oleh mulut dan melalui gerakan tubuh saja. Ada juga yang berpendapat bahwa bahasa seiring dengan peradaban manusia.

Selain ada bahasa tertua, teryata ada beberapa bahasa terbaru di dunia. Dilansir dari Indozone.id, berikut ini empat bahasa terbaru:

Baca juga: Sejarah Sunat: Ritual Agama hingga Hukuman Perang

1. Bahasa Lingala

Bahasa lingala muncul pada akhir abad ke-19 atau akhir tahun 1800-an. Bahasa  ini digunakan di negara Afrika seperti Kongo dan Angola.

Sejarahnya, bahasa ini lahir dari penyederhanaan bahasa Kongo dan Angola. Atas perintah dari penguasa Belgia yang menguasai Kongo dan Angola.

Bahasa ini digunakan untuk komunikasi antara tentara dengan penduduk setempat. Karena itu, sehingga bahasa ini dipengaruhi juga oleh bahasa Belanda, Inggris, Perancis, dan Portugis.

2. Bahasa Afrikaans

Bahasa ini mulai diakui dan digunakan pada 1925. Bahasa afrikaans juga digunakan di negara-negara Afrika seperti Namibia, Zimbabwe, dan Bostwana.

Bahasa afrikaans adalah gabungan dari berbagai bahasa, yakni Belanda, Jerman, Khoisan, Bantu, Melayu, Perancis, Inggris, dan Portugis.

Baca juga: Sejarah Air Minum Kemasan di Indonesia

3. Bahasa Light Warlpiri

Bahasa light warlpiri muncul pada 1970-an dan mulai digunakan pada 1980-an. Bahasa Light Warlpiri berasal dari Bahasa Warlpiri.

Warlpiri adalah penduduk asli Gurun Tanami yang terletak di sebelah utara Australia. Bahasa Warlpiri hanya ditutur oleh sekitar 4.000 orang. Bahasa ini dianggap sudah hampir punah.

Dari bahasa warlpiri itu lahirlah bahasa light warlpiri. Bahasa light warlpiri ini merupakan gabungan dari bahasa Warlpiri, Inggris, dan Kriol.

4. Bahasa Gooniyandi

Bahasa Gooniyandi pertama kali ditetapkan pada 1982. Saat itu, tata bahasa Gooniyandi ditulis oleh Ewan McGregor.

Baru pada tahun 1984, penutur bahasa ini membuat alfabetnya. Bahasa ini digunakan di Australia yakni oleh penduduk aslinya yakni suku Aborigin.

Penutur bahasa ini diperkirakan dituturkan hanya 100 orang. Termasuk, hanya beberapa anak saja yang belajar untuk menggunakan bahasa ini. (C)

Reporter: Haidir Muhari

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga