4 Bahaya Terlalu Sering Makan Gorengan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 13 Maret 2023
0 dilihat
4 Bahaya Terlalu Sering Makan Gorengan
Kebiasaan mengonsumsi makanan yang digoreng diketahui meningkatkan berbagai risiko penyakit kronis. Foto: shutterstock.com

" Salah satu makanan ringan yang banyak digandrungi masyarakat pada umumnya adalah gorengan. Namun ada bahaya yang ditimbulkan jika terlalu sering makan gorengan "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu makanan ringan yang banyak digandrungi masyarakat pada umumnya adalah gorengan. Namun ada bahaya yang ditimbulkan jika terlalu sering makan gorengan.

Pada umumnya, dikutip dari alodokter.com, makanan ringan gorengan menjadi salah satu makanan yang bisa memanjakan lidah. Namun, bahaya makan gorengan juga tak bisa dihindarkan.

Kebiasaan mengonsumsi makanan yang digoreng diketahui meningkatkan berbagai risiko penyakit kronis.

Apalagi proses menggoreng mengurangi nilai gizi pada bahan utamanya karena akan menambahkan kalori dan kandungan lemaknya.

Baca Juga: Ini Bahayanya Berhubungan Seks Saat Haid

Melansir yoursay.id dari laman hellosehat.com, berikut ini bahaya terlalu sering makan gorengan:

1. Menyebabkan Obesitas

Mungkin kamu sudah tahu bahwa gorengan adalah salah satu makanan yang dihindari saat melakukan program diet. Hal ini disebabkan karena gorengan tinggi akan kalori yang dapat menyebabkan berat badan naik.

Jadi, sebaiknya kurangi konsumsi makan gorengan agar berat badan tetap stabil.

2. Mengiritasi Usus

Gorengan termasuk dalam salah satu makanan yang tinggi akan lemak, lemak itu sendiri merupakan zat gizi yan paling lambat dicerna jika dibandingkan dengan zat gizi yang lain.

Menurut International Journal of Molecular Medicine, makanan berlemak tinggi dapat memicu sakit perut, diare, dam kram.

3. Memicu Datangnya Banyak Penyakit

Dengan kandungan lemak dan kalori yang tinggi, gorengan dapat termasuk dalam salah satu makanan yang tidak baik dikonsumsi dalam jangka panjang. Jika hal tersebut dilakukan, maka ini akan mengundang banyak penyakit serius seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

Baca Juga: 9 Kanker pada Anak yang Harus Diwaspadai, Orang Tua Wajib Tahu

4. Merusak Bakteri Baik di Usus

Jika kita sering makan gorengan untuk buka puasa itu berisiko mengurangi jumlah bakteri baik yang ada di dalam usus dan menambah bakteri jahat.

Bakteri sehat di dalam usus berfungsi untuk mencerna serat, mengendalikan respon tubuh pada infeksi, serta meningkatkan kolesterol baik.

Nah, itulah beberapa bahaya jika kamu terlalu sering mengonsumsi gorengan. Olehnya itu, sebaiknya kita imbangi dengan makan makanan yang bergizi. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga