4 Cara Ampuh Mencegah Kanker Payudara Melalui Pola Hidup Sehat

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 07 Januari 2023
0 dilihat
4 Cara Ampuh Mencegah Kanker Payudara Melalui Pola Hidup Sehat
Kanker payudara terjadi ketika sel-sel pada jaringan yang ada di payudara tumbuh tidak terkendali dan mengambil alih jaringan payudara yang sehat dan sekitarnya. Foto: Repro google.com

" Salah satu penyakit yang seringkali dialami seseorang, khususnya pada wanita adalah kanker payudara. Banyak cara bisa ditempuh untuk mengatasi penyakit ini, diantaranya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu penyakit yang seringkali dialami seseorang, khususnya pada wanita adalah kanker payudara. Banyak cara bisa ditempuh untuk mengatasi penyakit ini, diantaranya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Dikutip dari alodokter.com, kanker payudara adalah kanker yang terbentuk di jaringan payudara. Kanker payudara terjadi ketika sel-sel pada jaringan yang ada di payudara tumbuh tidak terkendali dan mengambil alih jaringan payudara yang sehat dan sekitarnya.

Kanker payudara bisa terbentuk di kelenjar yang menghasilkan susu (lobulus) atau di saluran (duktus) yang membawa air susu dari kelenjar ke puting payudara. Kanker juga bisa terbentuk di jaringan lemak atau jaringan ikat di dalam payudara.

Meski lebih sering terjadi pada wanita, kanker payudara juga bisa menyerang pria. Untuk mengatasi penyakit satu ini banyak cara bisa dilakukan, diantaranya adalah melalui pola hidup sehat.

Baca Juga: 4 Cara Tingkatkan Jumlah dan Kualitas Sperma

Melansir kompas.com dari Breast Cancer Research Foundation dan Healthline, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker payudara melalui pola hidup sehat:

1. Mengonsumsi makanan bernutrisi

Mengonsumsi makanan yang bernutrisi akan menyehatkan dan bisa menjaga berat badan ideal. Konsumsi buah, sayur, biji-bijian utuh, susu atau produk susu rendah lemak, dan daging bisa ditingkatkan untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Sedangkan makanan yang diproses, goreng-gorengan, atau yang memiliki kandungan gula tinggi bisa dihindari karena malah akan meningkatkan risiko terkena kanker payudara.

2. Berolahraga secara rutin

Berolahraga setidaknya 30 menit sehari bisa mengurangi risiko terkena kanker payudara. Jenis olahraga yang dilakukan tidak harus yang memiliki intensitas berat karena beberapa olahraga ringan, seperti bersepeda, berjalan kaki, hingga berenang, masih bisa dipilih untuk menurunkan risiko kanker payudara.

3. Menyusui

Menyusui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk mengurangi risiko terkena kanker payudara. Meskipun dinilai bisa mengubah bentuk payudara, menyusui akan mencegah tubuh untuk memproduksi lebih banyak estrogen sehingga risiko kanker payudara lebih kecil.

Baca Juga: 7 Cara Alami Hilangkan Bekas Luka di Kaki

4. Menjaga berat badan ideal

Salah satu penyebab kanker payudara adalah kelebihan berat badan atau obesitas. Kondisi ini membuat tubuh memproduksi estrogen yang berlebihan sehingga bisa meningkatkan reseptor estrogen positif sel kanker payudara.

Dengan mengurangi berat badan dan menjaga berat badan ideal, produksi estrogen bisa ditekan sehingga risiko terkena kanker payudara bisa dicegah.

Nah, itulah cara mengatasi kanker payudara yang dapat Telisikers lakukan melalui pola hidup sehat. Selamat mencoba. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga