4 Cara Ampuh Tumbuhkan Motivasi dalam Diri Sendiri

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 02 Agustus 2022
0 dilihat
4 Cara Ampuh Tumbuhkan Motivasi dalam Diri Sendiri
Menumbuhkan motivasi salma bekerja hal yang penting dilakukan agar terus bersemangat. Foto: Repro Freepik.com

" Salah satu yang membuat seseorang bersemangat dalam menjalani hidup adalah motivasi "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu yang membuat seseorang bersemangat dalam menjalani hidup adalah motivasi.

Dikutip liputan6.com, motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu.

Bagi kamu yang sedang tidak bersemangat ataupun sedang bersedih, kata motivasi mungkin saja bisa membuatmu kembali bangkit. 

Olehnya itu, penting untuk terus menumbuhkan motivasi dalam diri agar kita bisa terus bersemangat diana menjalani aktivitas hari-hari.

Melansir yoursay.id, berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan dalam menumbuhkan motivasi untuk diri sendiri:

1. Ngobrol dengan diri sendiri 

Sebagaimana kamu adalah tergantung dirimu sendiri, kamu harus berusaha untuk menjadi pengaruh yang baik untuk dirimu. Beberapa saat, kamu harus mengajak dirimu sendiri untuk berkomunikasi. Bicarakan apa yang dirimu inginkan dan rasakan. 

Dengan memahami diri sendiri dengan lebih baik, kamu lebih mudah untuk mengevaluasi langkah apa yang akan kamu ambil ke depannya.

Selain itu, kamu juga akan lebih mengenal diri sendiri dengan lebih baik dan berterima kasih dengan jauh lebih baik. 

2. Menemukan motivator

Motivator itu tidak selalu adalah mereka yang bisa kita beli dengan uang. Tapi, lihatlah orang di sekitar kita yang berjuang dengan sekuat tenaganya. Lihatlah beberapa orang yang jauh kurang beruntung dari kita, tapi masih punya mimpi dan tekad yang kuat. 

Baca Juga: Deretan Negara Jadi Sarang Penipuan Online di Dunia, Nomor 5 Bikin Kaget

Motivasi itu bisa tumbuh dari hal-hal sederhana di sekitar kita. Tidak perlu jauh-jauh untuk menemukannya. Kamu hanya perlu melihat sesuatu dari cara pandang yang lain dan berusaha untuk memetik pelajaran di baliknya. 

3. Ingat tujuan hidup 

Mengingat tujuan hidup akan membuatmu selalu ingat untuk memperjuangkan kehidupan. Bagaimana sesuatu yang berjalan kemudian berakhir. Ketika kamu menginginkan sesuatu, maka kamu juga harus mendapatkannya.

Menyelesaikan sesuatu yang telah dimulai sebenarnya juga tidak mudah. Banyak orang yang menyerah di tengah jalan kemudian berpindah haluan. Namun tidak sedikit orang juga yang bisa sampai ke garis akhir. Jadi, bagaimana denganmu?

4. Membaca buku 

Membaca buku adalah cara terbaik untuk mengistirahatkan pikiran sekaligus mengisinya dengan pandangan baru dalam kehidupan.

Baca Juga: 11 Cara Simpel Miliki Kulit Wajah Glowing Permanen

Banyak orang malas membaca, tapi semua itu tidak mempengaruhi fungsi atau manfaat dari membaca itu sendiri. Dari segelintir orang yang masih memiliki semangat membaca, kamu harus menjadi salah satunya.

Membaca buku akan memperluas wawasan kita. Ketika kita merasa begitu sempit dan engap dalam menjalani kehidupan ini, kita akan merasa lebih baik ketika melihat sisi yang jauh lebih luas. Dan semua itu bisa ditemukan dalam sebuah buku. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga