4 Jenis Gangguan Mental Ini Wajib Diwaspadai

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 18 September 2021
0 dilihat
4 Jenis Gangguan Mental Ini Wajib Diwaspadai
Ilustrasi seorang pria terkena gangguan mental. Foto: Repro aqi.co.id

" Mood disorder adalah gangguan kesehatan mental yang memengaruhi keadaan emosi seseorang "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu masalah yang seringkali dihadapi oleh sebagian masyarakat, yakni gangguan mental.

Dilansir dari yoursay.com, gangguan mental adalah isu yang belakangan ini sering dibicarakan. Masalahnya, gangguan mental adalah sebuah masalah yang cukup serius.

Namun sayangnya, seringkali kita tidak menyadari bahwa hal itu terjadi di sekitar kita atau bahkan pada diri kita sendiri.

Berikut empat jenis gangguan mental yang meski diwaspadai:

1. Psikosis

Mengutip dari laman Alodokter, psikosis adalah kondisi ketika penderitanya mengalami kesulitan dalam membedakan kenyataan dan imajinasi, ditandai dengan munculnya halusinasi dan waham atau delusi.

Penyebab salah satu gejala penyakit mental ini adalah gangguan di otak yang mempengaruhi cara kerjanya dalam memroses informasi, sehingga mengubah cara penderitanya dalam berperilaku dan berpikir.

Untuk menanganinya, biasanya dilakukan psikoterapi atau pemberian obat. Contoh penyakit mental yang memiliki gejala psikosis adalah skizofrenia, penderitanya memiliki delusi penganiayaan.

2. Personality Disorder

Mengutip dari laman Hellosehat, personality disorder atau gangguan kepribadian adalah jenis gangguan mental yang ditandai dengan kepribadian seseorang yang menyimpang dari orang pada umumnya.

Penderitanya mengalami kesulitan dalam berhubungan dengan orang lain dan memahami situasi, sehingga menyebabkan permasalahan serta keterbatasan dalam beraktivitas.

Selain itu, gangguan mental ini menyebabkan penderitanya memiliki cara berpikir, perilaku, dan perasaan yang tidak sehat. Ia tidak dapat membedakan mana yang normal dan yang tidak.

Dalam anggapannya, cara berpikir dan perilakunya tidak bermasalah. Bahkan mungkin ia malah menyalahkan orang lain dalam suatu kondisi.

Baca Juga: 14 Efek Samping Terlalu Sering Berhubungan Intim, Nomor 9 Bikin Ngeri

Baca Juga: Yuk, 4 Cara Ini Bisa Pulihkan Kesehatan Jantung Anda Usai Terjangkit COVID-19

3. Mood Disorder

Perubahan mood atau mood swings adalah sesuatu yang normal terjadi. Namun jika hal tersebut terjadi secara ekstrem, maka bisa jadi digolongkan dalam salah satu gangguan kesehatan mental yang disebut mood disorder.

Mengutip dari laman Hellosehat, mood disorder adalah gangguan kesehatan mental yang memengaruhi keadaan emosi seseorang.

Akibatnya penderita gangguan mental ini dapat mengalami bahagia yang berlebihan, atau sedih yang berlebihan, atau keduanya secara bergantian di waktu yang sama.

4. Anxiety Disorder

Anxiety Disorder adalah salah satu jenis gangguan mental yang membuat penderitanya merasakan cemas yang berlebihan.

Mengutip dari laman Hellosehat, cemas dan gangguan kecemasan adalah dua kondisi yang berbeda. Dalam kasus gangguan kecemasan, penderitanya akan dengan mudah cemas terhadap berbagai hal bahkan saat situasi normal. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Baca Juga