4 Jenis Kepriadian Manusia, Kamu Tipe yang Mana?

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 10 Agustus 2023
0 dilihat
4 Jenis Kepriadian Manusia, Kamu Tipe yang Mana?
Berdasarkan teori proto-pskiogis, ada empat jenis kepribadian manusia, yaitu sanguinis, plegmatis, melankolis dan koleris. Foto: Repro Yoona.id

" Berdasarkan teori proto-psikogis, kepribadian manusia terbagi empat jenis, yaitu sanguinis, plegmatis, melankolis, dan koleris "

KENDARI, TELISIK.ID – Manusia diciptakan Tuhan dengan kepribadian dan karakter yang berbeda-beda. Berdasarkan teori proto-psikogis, kepribadian manusia terbagi empat jenis, yaitu sanguinis, plegmatis, melankolis, dan koleris.

Dilansir Tirto.id, dari laman IPFS, teori tersebut dasarnya yaitu sanguinis (optimis, aktif dan sosial), koleris (pemarah, cepat atau mudah tersinggung). Kemudian tipe melankolis (analitis, bijak dan tenang), dan Plegmatis ( santai dan damai).

Tetapi, ada kemungkinan seseorang memiliki dua karakter, seperti plegmatis (70 persen) dan melankolis (30 persen). Tabib Yunani, Hippocrates (sekitar tahun 460 370 SM) memasukkan empat temperamen ke dalam teori medisnya sebagai bagian dari konsep medis kuno tentang humorisme. Dalam penjelasannya disebutkan, empat cairan tubuh memengaruhi sifat dan perilaku kepribadian manusia.

Dikutip dari Detik.com, untuk mengenalinya, berikut ciri-ciri orang sesuai karakter yang dimiliki.

Baca Juga: 3 Cara Menghadapi Orang Berkepribadian Tempramental dan Tips Meredam Amarah

4 Tipe Karakter Manusia Menurut Psikologi

1. Tipe Melankolis

Tipe melankolis sering terlihat pada orang dengan karakter yang cenderung privat, analitis, dan faktual dalam berkomunikasi. Seseorang dengan tipe ini membutuhkan informasi, waktu untuk berpikir dan rencana yang detail agar bisa berfungsi secara efektif.

Mereka juga memiliki ciri-ciri di antaranya: sangat detail, sensitive, cemas jika berada di lingkungan baru, cenderung introvert, mudah curiga dan teliti

2. Tipe Plegmatis

Orang dengan tipe ini cenderung lebih relaks, tenang, dan bisa dibilang easy going. Mereka juga punya niat yang baik dalam hal simpati dan peduli dengan orang-orang sekitar. Tapi mereka cenderung menyembunyikan emosi yang sebenarnya dan cukup mudah berkompromi.

Orang dengan tipe ini memiliki ciri-ciri antara lain: tenang/kalem, setia, cenderung menghindari konflik, senang menolong sesama, sulit beradaptasi dengan kebiasaan baru.

3. Tipe Sanguinis

Baca Juga: Kenali Tanda Gangguan Kepribadian Narsistik, Anda Termasuk?

Orang dengan kepribadian sanguinis sering dikaitkan dengan sikap mereka yang suka bersosialisasi, berpetualang, mencari kesenangan juga tantangan. Selain itu, tipe ini juga dikenal dengan ciri-ciri: mudah bergaul, aktif, optimistis, impulsive, humoris, ekspresif, kompetitif

4. Tipe Koleris

Tipe terakhir ada koleris yang mudah dilihat dari seseorang yang ambisius, kompetitif, dan fokus dengan tujuannya. Orang dengan kepribadian ini juga dikenal sebagai orang yang sangat tegas.

Ciri lain yang bisa dilihat dari tipe koleris adalah sebagai berikut: cerdas, analitis dan logis, tidak terlalu suka basa-basi, konsisten, percaya diri, mandiri, kreatif. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga