4 Manfaat Membaca Bagi Kesehatan Mental, Sayang Dilewatkan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 23 September 2022
0 dilihat
4 Manfaat Membaca Bagi Kesehatan Mental, Sayang Dilewatkan
Membaca ternyata tidak hanya menambah wawasan, namun juga baik bagi kesehatan mental. Foto: Repro pexels.com

" Membaca buku selama 30 menit sama efektifnya dengan yoga dan humor yang mampu mengurangi stres hingga 68 persen "

KENDARI, TELISIK.ID - Membaca tidak hanya membuat seseorang menjadi banyak tahu, tapi juga bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan mental.

Sudah menjadi rahasia umum, membaca memiliki banyak manfaat yang bisa kita peroleh.

Dikutip dari wikipedia, membaca merupakan aktivitas mengungkapkan suatu imajinasi terhadap suatu yang disukai khalayak ramai dan juga dimengerti oleh seseorang yang dicintai.

Nah, apa saja manfaat yang kita peroleh ketika rutin membaca bagi kesehatan mental?

Dilansir yoursay.suara.com dari berbagai sumber, berikut beberapa dampak positif atau manfaat bagi kesehatan mental dari membaca buku:

1. Mengurangi stres

Alasan kebanyakan orang membaca buku biasanya adalah sebagai sarana untuk refreshing dan mengurangi stres. Hal ini benar adanya karena ketika membaca buku, tubuh kita akan berada pada keadaan lebih rileks sehingga bisa meredakan detak jantung dan otot yang kaku.

Baca Juga: 3 Tips Hilangkan Sifat Pemalu yang Berlebihan

Bahkan, membaca buku selama 30 menit sama efektifnya dengan yoga dan humor yang mampu mengurangi stres hingga 68 persen.

2. Meningkatkan empati

Selain membantu mengurangi stres, membaca buku ternyata juga dapat meningkatkan rasa empati kita terhadap orang lain. Membaca buku khususnya buku fiksi dapat membantu kita memahami apa yang orang lain rasakan dan pikirkan.

Membaca buku juga dapat membantu kita dalam menghadapi permasalahan yang terjadi sehari-hari dengan mengadopsi cara tokoh tertentu menyelesaikan permasalahannya.

3. Sarana pelarian yang tepat

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, salah satu alasan utama seseorang membaca buku adalah sebagai sarana refreshing. 

Baca Juga: Catat, Ini 3 Tips Bijak Memilih Jurusan Kuliah

Membaca buku dapat membuat kita berimajinasi, keluar dari dunia yang monoton dan rutinitas yang biasa saja. Kita bisa membayangkan apa saja hanya dengan membaca sebuah buku.

4. Meningkatkan memori

Manfaat lainnya dari membaca buku bagi kesehatan mental adalah dapat meningkatkan memori. Hal ini karena pada saat membaca buku, sinyal dan jaringan otak akan menjadi lebih kuat. Saat alur cerita semakin menegangkan, maka semakin banyak pula bagian otak yang ikut menyala seperti bagian otak yang merespon sensasi fisik dan rasa sakit.

Membaca juga dapat menambah banyak kosakata baru sehingga dapat mencegah penyakit alzheimer.

Nah, itulah beberapa manfaat membaca buku bagi kesehatan mental. Jadi rutinkan setiap hari untuk membaca meski hanya 30 menit atau 1 jam. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga