4 Penyebab Kamu Merasa Tidak Puas pada Pencapaian Diri

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 04 Februari 2023
0 dilihat
4 Penyebab Kamu Merasa Tidak Puas pada Pencapaian Diri
Ada beberapa penyebab seseorang merasa tidak puas dengan diri sendiri. Foto: pexels.com

" Salah satu yang membuat seseorang kurang bersemangat dalam hidup adalah merasa tidak puas terhadap pencapaian diri sendiri "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu yang membuat seseorang kurang bersemangat dalam hidup adalah merasa tidak puas terhadap pencapaian diri sendiri.

Ketidakpuasan terhadap diri sendiri ini seringkali disebut Sindrom impostor.

Pada umumnya, dikutip dari kumparan.com, Sindrom impostor atau impostor syndrome sendiri merupakan sebuah sindrom di mana penderitanya akan selalu merasa tidak puas dengan prestasi dan keberhasilan yang diperolehnya.

Dimana mereka menganggap bahwa keberhasilan yang didapatnya itu hanya karena kebetulan semata.

Orang yang menderita sindrom impostor ini akan merasa bahwa ia tidak boleh gagal dalam melakukan tugasnya.

Baca Juga: Wanita di Negara Ini Cinta Pria Indonesia, Kesempatan Bagi Jomblo

Hal ini tentunya akan menyebabkan mereka merasa tertekan dan akhirnya menimbulkan ketidakmampuan bagi mereka untuk menikmati kesuksesan yang telah mereka capai.

Melansir yoursay.id, berikut beberapa penyebab seseorang merasa tidak puas dengan diri sendiri:

1. Terlalu sering membandingkan diri sendiri dengan segala hal

Jika kita selalu membandingkan diri dengan orang yang lebih baik dari diri kita, tentunya kita akan selalu merasa kurang dan tidak puas pada diri sendiri.

Membandingkan diri dengan yang lebih baik sangatlah melelahkan, dan hal itu juga berarti bahwa kamu tidak menghargai diri sendiri.

Hal terbaik yang paling pantas untuk kamu bandingkan dengan dirimu adalah dirimu sendiri yang kemarin. Dirimu hari ini atau besok harus lebih baik lagi dari yang kemarin.

2. Kebutuhan yang tidak terpenuhi

Memenuhi kebutuhan dasar seperti makan, minum, tidur, dan berinteraksi dengan orang lain adalah salah satu hal yang penting bagi kesehatan mental seseorang.

Jika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi pastinya akan muncul perasaan tidak puas. Misal, kita tidak memiliki teman untuk bicara dan bersosialisasi, pastinya diri kita akan merasa kesepian dan tidak puas.

Contoh lainnya, ketika kamu menginginkan nilai ujian yang sempurna dan sudah belajar keras. Tapi hasil akhir yang kamu dapatkan tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Pastinya hal ini akan membuatmu sangat kecewa dan merasa tidak puas.

3. Terjebak dalam kesalahan di masa lalu

Seringkali orang menganggap bahwa kegagalan dirinya di masa lalu terjadi karena dirinya melakukan kesalahan. Hal itu terus diingat sampai sekarang dan merasa tidak puas serta penyesalan.

Perlu diingat bahwa penyesalan itu hanyalah akan menghantui dirimu setiap saat.

Lihatlah ke depan dan jangan terjebak lagi pada masa lalu. Apa yang sudah terjadi tidak bisa diubah, yang dapat kamu lakukan sekarang adalah mempersiapkan strategi yang lebih baik lagi agar kegagalan tersebut tidak terulang di masa depan.

Tidak salah jika kamu berharap untuk hidup yang lebih baik dan merasa tidak puas sewaktu-waktu. Tapi ingat bahwa perasaan ini bisa dikendalikan, dan jangan biarkan ketidakpuasan ini menjadi bagian dari hidupmu.

4. Harapan yang tinggi

Memiliki harapan yang tinggi tidaklah salah, tapi perlu dibatasi dan jangan terlalu tinggi karena jika tidak tercapai tentunya akan menimbulkan perasaan kecewa yang sangat berat.

Baca Juga: Bintang Porno Ini Giginya Rontok Karena Keseringan Oral Seks

Misal, kamu sudah berusaha keras untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan impianmu. Namun ternyata kamu gagal untuk mendapatkannya.

Pastinya kamu akan merasa sangat kecewa dan berpikir bahwa usahamu sia-sia begitu saja. Padahal bisa jadi apa yang kamu impikan belum menjadi yang terbaik bagi dirimu.

Percayalah bahwa usahamu tidak akan pernah menjadi sia-sia begitu saja. Di kemudian hari kamu akan mendapatkan yang lebih baik dari apa yang gagal kamu dapatkan. 

Nah, itulah beberapa penyebab sehingga seseorang merasa tidak puas dengan pencapaian dirinya sendiri. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga