4 Penyebab Kamu Sulit Tidur di Malam Hari

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 06 Februari 2023
0 dilihat
4 Penyebab Kamu Sulit Tidur di Malam Hari
Merasa sulit tidur saat malam hari bisa terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa penyebab. Foto: Repro google.com

" Merasa sulit tidur saat malam hari bukan terjadi begitu saja, tapi disebabkan oleh beberapa fakfak. Penyebab ini pun harus diketahui agar bisa tidur dengan nyenyak "

KENDARI, TELISIK.ID - Merasa sulit tidur saat malam hari bukan terjadi begitu saja, tapi disebabkan oleh beberapa fakfak. Penyebab ini pun harus diketahui agar bisa tidur dengan nyenyak.

Melansir merdeka.com, susah tidur atau insomnia merupakan gangguan tidur yang memengaruhi sebanyak 35% orang dewasa.

Hal ini ditandai dengan masalah tidur, tetap terbangun sepanjang malam, dan terkadang baru mengantuk di pagi hari sehingga membuat jam tidur tidak teratur.

Merasa sulit tidur saat malam hari bukan terjadi begitu saja, tapi karena dipengaruhi oleh beberapa penyebab.

Baca Juga: Ini Bahaya Pakai Air Liur untuk Pelumas Saat Berhubungan Seks

Melansir yoursay.id dari alodokter.com, berikut beberapa penyebab seseorang sulit tidur pada malam hari:

1. Makan

Sulit tidur di malam hari juga bisa terjadi akibat kebiasaan makan. Tepatnya makan ketika menjelang waktu tidur. Kondisi seperti ini bisa terjadi karena ketika makan, tubuh akan melakukan pelepasan hormon insulin.

Hormon tersebut berperan sebagai pengolah makanan menjadi bentuk energi. Keadaan inilah yang mengakibatkan siklus istirahat di malam hari bisa terganggu. 

2. Stres

Penyebab pertama yaitu dalam kondisi stress atau banyak pikiran. Hormon kortisol di dalam tubuh bisa mengalami peningkatan ketika stres. Akibatnya, kualitas serta waktu tidur di malam hari menjadi terganggu.

Di mana pada saat tersebut terjadi peningkatan detak jantung. Selain itu, bagian otot berubah menjadi tegang yang mengakibatkan tubuh dalam situasi tidak rileks serta tidur menjadi sulit. Jadi, usahakan supaya pikiran tidak stres supaya tidak kesulitan tidur saat malam hari.

3. Mengonsumsi Minuman yang Mengandung Kafein 

Penyebab terakhir, mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti teh dan kopi minimal 6 jam sebelum tidur.

Kafein dapat menghambat senyawa aktif bernama adenosin di dalam otak. Padahal peran senyawa tersebut memicu rasa mengantuk.

Baca Juga: 7 Tanda Tubuh Kurang Gerak yang Perlu Diwaspadai

 

4. Main Gadge

Penyebab sulit tidur di malam hari selanjutnya yaitu bermain gadget menjelang waktu memejamkan mata. Walaupun cahaya di dalam kamar sudah diredupkan, akan tetap sulit untuk tidur malam bila kamu tetap memainkan gadget.

Hal ini bisa terjadi karena cahaya biru yang dipaparkan oleh layar gadget berpotensi menurunkan jumlah produksi hormon melatonin. Peran hormon ini dalam tubuh adalah mengatur siklus tidur.

Bahkan ada penelitian lain yang menyebutkan bahwa paparan cahaya biru bisa meningkatkan kewaspadaan bagian otak. Tidak mengherankan bila bermain gadget menyebabkan lebih sulit tidur.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang bisa membuat seseorang kesulitan tidur saat malam hari. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga