4 Sebab Orang Kesulitan Tidur Nyenyak

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 09 Oktober 2022
0 dilihat
4 Sebab Orang Kesulitan Tidur Nyenyak
Tidur nyenyak menjadi kebutuhan setiap orang agar bisa maksimal dalam menjalani aktivitas hariannya. Foto: Repro hellosehat.com

" Tidur menjadi kebutuhan yang wajib dilakukan setiap orang. Namun ada saja orang sulit untuk bisa tidur nyenyak karena beberapa penyebab "

KENDARI, TELISIK.ID - Tidur menjadi kebutuhan yang wajib dilakukan setiap orang. Namun ada saja orang sulit untuk bisa tidur nyenyak karena beberapa penyebab.

Pada umumnya, dikutip kontan.co.id, tidur nyenyak merupakan salah satu cara tubuh beristirahat secara total.

Tidak sedikit juga orang mengalami banyak masalah gangguan tidur yang tidak nyenyak bahkan hingga kesulitan untuk tidur atau insomnia.

Baca Juga: Awas, 8 Masalah Kesehatan Akibat Sering Telat Makan

Selain untuk beristirahat, tidur nyenyak juga saat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Namun apa jadinya jika seseorang menjadi sulit tidur buanyak. Hal ini akan membuat tubuhnya kurang fit saat menjalani aktivitas hariannya.

Olehnya itu penting untuk diketahui apa saja penyebab seseorang tidak dapat tidur nyenyak dan berkualitas agar segera mungkin diantisipasi.

Melansir yoursay.id dari Alodokter, berikut beberapa yang bisa jadi penyebab sulit tidur atau tidur tidak nyenyak:

1. Stres atau sedang banyak masalah

Stres adalah respons yang diterima oleh tubuh atas masalah yang sedang terjadi di kehidupan sehari-hari. Ketika kamu mengalami kondisi ini, tubuh kamu akan terpengaruh secara keseluruhan, baik itu secara fisik, perilaku, dan emosional.

Stres yang semakin berat akan membuat kamu merasa cemas dan gelisah, sehingga tidur kamu pun menjadi tidak nyenyak.

2. Usia yang sudah semakin tua

Ketika seseorang telah memasuki usia 60 tahun keatas, maka akan mengalami perubahan pola tidur. Sebuah penelitian telah mengungkap fakta bahwasanya orang yang berusia 60 tahun ke atas akan mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak dan akan lebih sering terbangun di malam hari.

Baca Juga: Ini Makanan dan Minuman yang Mampu Bersihkan Darah Kotor

3. Efek panjang dari zat kimia

Ketika orang terlalu sering mengonsumsi minuman beralkohol dan berkafein serta memiliki kebiasaan merokok bisa mengganggu kualitas tidur. Hal tersebut bisa membuat tubuh tidak segar saat bangun tidur dan juga menyebabkan sakit kepala. 

4. Kondisi tubuh

Adanya masalah medis dalam tubuh yang dapat menyebabkan tidur menjadi tidak nyenyak. Beberapa kondisi yang menyebabkan masalah sulit tidur, misalnya adanya penyakit asam lambung, asma, hingga depresi.

Nah, itulah beberapa penyebab seseorang menjadi susah tidur nyenyak. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga