4 Tanda Orang Mendapatkan Lailatul Qadar

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 12 April 2023
0 dilihat
4 Tanda Orang Mendapatkan Lailatul Qadar
Malam lailatul qadar adalah malam yang penuh dengan kemuliaan. Foto: Repro google.com

" Salah satu istimewa bulan ramadan adalah terdapat lailatul qadar. Untuk bisa memperoleh keistimewaan ini, kita perlu menghidupkan 10 malam terakhir bulan ramadan dengan banyak ibadah "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu istimewa bulan ramadan adalah terdapat lailatul qadar. Untuk bisa memperoleh keistimewaan ini, kita perlu menghidupkan 10 malam terakhir bulan ramadan dengan banyak ibadah.

Dikutip dari cnnindonesia.com, malam lailatul qadar merupakan malam yang istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia. 

Pada malam tersebut, Allah SWT pertama kali menurunkan wahyu berupa ayat-ayat Alquran kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril.

Malam lailatul qadar hanya akan terjadi pada bulan ramadan, sehingga ketika Ramadan datang akan banyak pula orang yang siap berburu untuk mendapatkan pahala ganda dari malam lailatul qadar.

Baca Juga: Begini Tata Cara Itikaf 10 Malam Terakhir Bulan Ramadan

Menurut buku berjudul Sukses Berburu Lailatul Qadar karya Muhammad Adam Hussein, malam lailatul qadar adalah malam yang penuh dengan kemuliaan. Seseorang yang mendapatkan keberkahan di malam itu, maka ia akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Pada malam-malam mulia tersebut, umat Islam dianjurkan mengerjakan amalan-amalan seperti memperbanyak ibadah, berdoa, hingga i'tikaf di masjid.

Amalan-amalan tersebut diharapkan dapat membantu umat Islam masuk ke dalam golongan atau ciri-ciri orang yang mendapatkan malam lailatul qadar.

Melansir detik.com dari laman resmi Majelis Ulama Indonesia, mui.or.id, berikut ciri-ciri orang yang memperoleh lailatul qadar:

1. Berusaha untuk menjadi yang terbaik

Lailatul qadar menjadikan seseorang untuk berubah untuk menjadi lebih baik lagi. Terutama mengenai hubungannya dengan Allah SWT maupun dengan sesama manusia.

2. Semakin meningkat ketakwaan kepada Allah SWT

Salah satu ciri orang memperoleh malam lailatul qadar adalah meningkatnya ketakwaan dan ketundukan kepada Allah SWT.

Baca Juga: 5 Ciri Rumah Tidak Dimasuki Malaikat

3. Mentadabburi Al-Quran

Ciri terakhir bagi orang yang memperoleh lailatul qadar ialah selalu mentadabburi Alquran atau berusaha untuk memahami dan mengamalkan isi Alquran.

4. Nikmat dalam menunaikan beribadah kepada Allah SWT

Setiap orang yang memperoleh lailatul qadar, maka ia akan merasakan suatu kenikmatan dan rasa tenang ketika menjalankan ibadah sholat maupun ibadah lainnya.

Nah, itulah beberapa ciri ketika seorang hamba yang memperoleh lailatul qadar. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga