4 Tips Ampuh Hindari Rasa Stres Selama Liburan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 10 Desember 2022
0 dilihat
4 Tips Ampuh Hindari Rasa Stres Selama Liburan
Liburan dilakukan dengan tujuan relaksasi, melakukan perjalanan rekreatif atau berwisata, atau berkumpul bersama keluarga atau melakukan hobi. Foto: Repro google.com

" Salah satu aktivitas yang dilakukan sebagian orang saat hari weekend atau akhir pekan tiba adalah liburan "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu aktivitas yang dilakukan sebagian orang saat hari weekend atau akhir pekan tiba adalah liburan.

Pada umumnya, dikutip dari wikipedia dari msha.ke, liburan merupakan waktu bagi seseorang atau sekelompok orang untuk melakukan cuti singkat dari pekerjaan dan tugas tertentu atau tidak bersekolah untuk periode tertentu.

Liburan ini dilakukan dengan tujuan relaksasi, melakukan perjalanan rekreatif atau berwisata, atau berkumpul bersama keluarga atau melakukan hobi.

Orang sering melakukan liburan pada waktu perayaan dan hari libur tertentu atau pada akhir pekan. Tergantung niat berlibur dan kesempatan, liburan dapat dihabiskan bersama teman atau keluarga.

Baca Juga: 4 Tips agar Tetap Sehat di Atas Usia 50 Tahun

Hanya saja seringkali seseorang dihindari rasa stres saat sedang liburan karena berbagai faktor. Olehnya itu, penting untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan agar liburan bisa mengasyikan dan bebas dari rasa stres.

Melansir yoursay.id, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar tidak stres saat liburan:

1. Rencanakan liburan dengan matang

Liburan yang harus diikuti oleh keluarga besar kadang sulit untuk dilakukan karena terhalang kesibukan dari banyak orang. Oleh sebab itu pastikan kalian sudah merencanakan liburan dari jauh-jauh hari.

Tujuannya agar seluruh anggota keluarga bisa mempersiapkan waktu lebih lama untuk keberangkatan dan mengurus segala kebutuhan yang harus disiapkan misalnya, tiket kereta, akomodasi hotel dan destinasi tempat wisata yang akan dikunjungi.

Caranya cukup mudah, tulis semua kebutuhan yang diperlukan berdasarkan tingkat kepentingan. Jangan lupakan asas ‘prioritas’ dalam setiap rencana. Hal tersebut akan membantu kalian lebih mudah mengingat segala hal yang perlu dipersiapkan sebelum berlibur.

2. Pastikan budget sudah sesuai

Dana yang dikeluarkan selama liburan harus disesuaikan secara seksama agar tidak boros selama berlibur. Liburan memang waktunya untuk foya-foya, namun semua itu harus tetap terukur supaya tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

3. Jangan takut untuk berkata 'Tidak!'

Tidak semua hal yang menyenangkan bisa dilakukan selama liburan. Jika beberapa hal membuatmu berpikir dua kali untuk melakukannya, maka jangan takut untuk berkata ‘tidak’. Setidaknya lakukan hal yang menghibur selama liburan dan bisa menjadi kenangan baik yang bisa disimpan untuk waktu yang lama.

Baca Juga: 4 Tips Jitu Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak, Orang Tua Wajib Tahu

4. Hargai kehadiran orang tercinta

Liburan merupakan momen quality time yang berguna untuk mempererat bonding dari anggota keluarga, teman, hingga sahabat. Akan lebih baik lagi jika kalian mencurahkan perhatian terhadap orang-orang tersayang sebagai bentuk menghargai kehadiran mereka.

Apalagi jika liburan bersama dengan keluarga besar yang jarang bertemu, jadi agenda liburan harus berjalan lebih intens dan menyenangkan supaya timbul kesan dan kenangan yang memorable bagi semua orang.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan agar tidak stres saat liburan. Dengan begitu, liburan bisa tetap menyenangkan dan bermanfaat. Selamat mencoba. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga