4 Tips Memilih Pelembap Wajah untuk Remaja

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 02 April 2024
0 dilihat
4 Tips Memilih Pelembap Wajah untuk Remaja
Remaja penting mengetahui tips memilih pelembab wajah. Foto: Repro Shutterstock

" Manfaat pelembap untuk remaja yang paling utama adalah mengatasi kulit kering dan bersisik. Pelembap harian juga berkontribusi pada penampilan yang lebih sehat dan kulit tampak lebih bercahaya "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagian remaja yang mulai memperhatikan penampilan masih bingung dalam menentukan pelembap mana yang cocok untuk perawatan kulit. Jika kamu sedang mengalaminya, maka ada baiknya mengetahui tips memilih pelembab wajah yang baik.

Pada umumnya, dikutip dari halodoc.com, berapapun usia seseorang, baik remaja maupun orang dewasa, setiap orang sebaiknya melembapkan dan menghidrasi kulit setiap hari dengan pelembap yang berkualitas.

Manfaat pelembap untuk remaja yang paling utama adalah mengatasi kulit kering dan bersisik. Pelembap harian juga berkontribusi pada penampilan yang lebih sehat dan kulit tampak lebih bercahaya.

Belum lagi, penggunaan pelembab untuk remaja sangat memengaruhi kulit remaja di masa depan. 

Melansir alodokter.com, berikut beberapa tips yang dapat membantu bagi remaja dalam memilih pelembab wajah:

1. Gunakan pelembap yang mengandung antioksidan

Kamu dianjurkan untuk menggunakan pelembap wajah untuk remaja yang mengandung antioksidan, seperti teh hijau, delima, dan licorice.

Baca Juga: 10 Tren Warna Baju Lebaran 2024, Kamu Wajib Tahu

Hal ini karena antioksidan dapat menangkal atau menetralkan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit. Dengan demikian, kulit wajah akan nampak lebih sehat dan terawat.  

2. Sesuaikan pelembap dengan jenis kulit

Penting untuk menggunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit agar pelembap bisa terserap dengan baik. Jika kamu memiliki jenis kulit kering, pilihlah pelembap yang bertekstur kental. Pelembap ini biasanya mengandung bahan yang dapat menghidrasi atau mengunci kelembapan kulit dengan baik, seperti asam hialuronat, lanolin, dan ceramide.

Jika kulit kamu berminyak, gunakan pelembap wajah untuk remaja yang berbahan dasar air atau berbentuk losion karena terasa ringan dan cepat terserap. Untuk kandungannya, pilih yang memuat asam salisilat, retinol, dan niacinamide.

Sementara untuk kulit sensitif, disarankan menggunakan pelembap yang tidak mengiritasi kulit, contohnya pelembap yang mengandung lidah buaya, oatmeal, dan ceramide. 

3. Pilih pelembap yang dilengkapi dengan kandungan SPF

Sering menghabiskan waktu di luar ruangan membuat kamu perlu untuk menggunakan pelembap yang sudah dilengkapi dengan kandungan SPF. Pelembap yang sudah dilengkapi dengan kandungan SPF cenderung lebih praktis dan tetap bisa memberikan perlindungan pada kulit dengan baik. 

Sebaiknya, pilih pelembap dengan kandungan SPF minimal 30. Bila kandungan SPF dalam pelembap wajah di bawah angka tersebut atau kamu sering berada di bawah panas matahari, penggunaan pelembap saja tidak cukup. 

Baca Juga: Peringkat Satu Dunia Pengguna Handphone Terlama, Masyarakat Indonesia Kecanduan HP

Kamu tetap harus menggunakan tabir surya yang mengandung SPF 30 atau lebih setelah menggunakan pelembap. Tujuannya agar kulit memperoleh perlindungan yang maksimal.  

4. Pakai pelembap yang bebas minyak dan noncomedogenic

Kulit remaja cenderung berminyak karena meningkatnya hormon di masa pubertas. Oleh karena itu, kamu perlu untuk menggunakan pelembap yang bebas minyak supaya produksi minyak di wajah bisa seimbang. 

Selain itu, pelembap wajah untuk remaja sebaiknya juga bersifat noncomedogenic. Alasannya, pelembap jenis ini cenderung tidak menyebabkan pori-pori tersumbat, sehingga dapat meminimalkan terbentuknya komedo dan jerawat di wajah.

Nah, itulah beberapa tips memilih tips pelembap wajah untuk remaja. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga