adplus-dvertising

4 Tips Mudah Memilih Kos Low Budget untuk Mahasiswa

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Senin, 11 Juli 2022
317 dilihat
4 Tips Mudah Memilih Kos Low Budget untuk Mahasiswa
Mahasiswa baru dengan jarak rumah yang jauh dengan kampus biasanya harus dihadapkan dengan situasi tempat tinggal. Foto: Repro Ruangguru.com

" Menjadi mahasiswa atau pekerja yang sedang merantau biasanya akan dihadapkan dengan situasi terkait tempat tinggal "

KENDARI, TELISIK.ID - Menjadi mahasiswa atau pekerja yang sedang merantau biasanya akan dihadapkan dengan situasi terkait tempat tinggal. Tempat tinggal yang dimaksud ada berbagai macam. Contohnya, kos dan apartment.

Mencari tempat tinggal sebenarnya mudah saja namun, faktor utama yang biasanya menjadi perhatian adalah budget atau biaya sewa kos-kosan juga fasilitas. Terlebih bagi mahasiswa atau pun milenial. 

Mengutip dari Viva.co.id, Co-Founder dan Chief Technology Officer Rukita, Xu-Zonne Ho, mengatakan, kemudahan, kenyamanan, dan keamanan menjadi faktor utama para milenial dalam menentukan pilihan terbaik saat melakukan pencarian kos. 


Berikut beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan saat hendak mencari atau memilih tempat yang akan kamu tinggali selama kuliah ataupun kerja:

1. Pilih fasilitas kos yang benar-benar penting

Pikirkan hal-hal penting yang kamu butuhkan di tempat kos. Sebagai contoh, apakah kamu mencari kos khusus wanita atau pria, atau kamu tetap merasa nyaman dengan kos campur. 

Selain itu, fasilitas di dalam kamar kos juga enggak kalah penting untuk kamu pertimbangkan, di antaranya AC, internet, kasur, lemari, kamar mandi di dalam atau luar kamar dan sebagainya. 

2. Ukur jarak kos ke kampus atau kantor

Salah satu pertimbangan orang-orang untuk kos adalah agar dekat dengan kampus atau kantor. Jika kamu tidak ingin mengeluarkan budget lebih untuk transportasi, maka pertimbangkan untuk mencari kos yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki. 

3. Hitung seluruh biaya kos

Jika budget kamu terbatas dan ingin mencari kos yang murah, tentu harga sewa kos harus diperhitungkan. Cari tahu biaya lain yang harus dikeluarkan selain biaya sewa kamar. 

Baca Juga: Viral: Wanita Ini Relakan Suami dengan Pria Lain, Ternyata Seorang Gay

Misalnya, apakah sudah termasuk biaya listrik, air dan internet? Jangan sampai kamu tergiur dengan biaya sewa kos yang murah tapi sebenarnya banyak biaya lain yang harus kamu keluarkan. Tentu, ini akan lebih mahal, bukan? 

4. Lihat kos berdasarkan gender

- Kos campuran

Seperti namanya, kos campuran biasa diisi oleh kamar kos untuk laki-laki dan perempuan.

Dikutip dari Rumah123.com, kos an ini menerapkan sistem aturan yang cukup bebas dan memperbolehkan penghuninya membawa kunci gerbang sendiri.

Harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau dan aman di kantong, serta memiliki fasilitas yang relatif sama di masing-masing kamar.

- Kos khusus putra

Kos ini tentu saja dikhususkan untuk para pria, entah itu mahasiswa atau karyawan biasa. Lokasinya sendiri berdekatan dengan kampus atau kawasan perkantoran. Untuk harga sewa yang ditawarkan mulai dari Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta per bulannya.

Baca Juga: 8 Cara Sederhana Bahagiakan Orang Tua

- Kos khusus putri

Sedikit berbeda dengan kos putra, kos putri biasanya memiliki pilihan jenis kamar yang beragam, mulai dari yang biasa hingga yang mewah tergantung pada harga dan kebutuhannya.

Kos putri juga memiliki aturan yang cukup ketat mengenai jam malam, sehingga tak jarang ada area kos putri yang bersatu dengan rumah pemiliknya. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga