4 Tips Sehat Memilih Takjil Buka Puasa

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 24 Maret 2023
0 dilihat
4 Tips Sehat Memilih Takjil Buka Puasa
Penting untuk memilih menu takjil sehat agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Foto: Repro google.com

" Memilih takjil menu buka puasa tidak boleh sembarang, sebab akan berdampak pada kesehatan tubuh "

KENDARI, TELISIK.ID - Memilih takjil menu buka puasa tidak boleh sembarang, sebab akan berdampak pada kesehatan tubuh.

Pada umumnya, dikutip dari halodoc.com, dari segi agama disunahkan untuk mengonsumsi makanan manis terlebih dahulu saat berbuka. Tujuannya adalah untuk mengisi kembali energi tubuh dengan cepat, setelah seharian berpuasa.

Namun, makanan manis yang dipilih sebaiknya sidak sembarangan, tapi pertimbangkan juga nilai gizinya.

Hidangan pertama yang biasa disantap saat berbuka adalah takjil. Maka penting untuk memilih menu takjil sehat agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Atasi Kurang Tidur Saat Puasa Ramadan

Melansir yoursay.id dari halodoc.com, berikut beberapa tips memilih takjil buka puasa:

1. Hindari warna makanan dan minuman yang mencolok

Beberapa jenis makanan atau minuman tertentu memiliki kandungan pewarna di dalamnya. Tujuannya tentu saja agar tampilannya lebih menarik.

Bahan pewarna makanan ini bisa dari pewarna alami atau pewarna sintetis. Pewarna alami cenderung memiliki warna yang tidak seterang pewarna sintetis, selain itu pewarna alami biasanya cenderung lebih mahal.

Pewarna sintetis seperti rhodamin B, kuning metanil, kobalt asetat dan lain sebagainya bisa berisiko terkena masalah kesehatan.

Untuk itu, sebagai antisipasi usahakan untuk menghindari memilih takjil dengan warna-warna yang mencolok agar tidak terkena dampak yang buruk terhadap kesehatan.

2. Jangan mudah tergiur harga murah

Tidak ada salahnya jika kamu membeli takjil dengan harga yang murah karena bisa menghemat pengeluaran. Namun kamu juga perlu untuk berpikir secara logis lagi.

Jajanan yang murah di bawah harga pasaran perlu kamu pertanyakan, mulai dari keamanan dan komposisinya.

3. Perhatikan bau dan tekstur

Apabila membeli jajanan perlu memperhatikan tentang bau dan tekstur. Sebab jika makanan memiliki bau menyengat, tekstur yang kenyal dan memiliki cita rasa yang aneh bisa jadi terdapat bahan kimia yang bercampur di dalamnya.

Biasanya boraks dan formalin menjadi bahan kimia yang sering digunakan untuk makanan. Selain itu juga pemanis buatan yang bisa meninggalkan rasa pahit di tenggorokan.

Baca Juga: 4 Tips Tetap Aman Olahraga Saat Puasa

4. Perhatikan kemasan

Selanjutnya yaitu kemasan yang membungkus jajanan takjil tersebut. Kemasan yang tidak baik, bisa mencemari makanan itu sendiri. Sebagai contohnya jika kamu pernah melihat atau pernah mengalami membeli gorengan dengan dibungkus plastik hitam.

Sebaiknya mulai sekarang hal tersebut dihindari. Pasalnya tinta hitam pada plastik bisa mencemari makanan gorengan yang masih panas. Tentunya hal tersebut bisa berbahaya untuk kesehatan.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan untuk memilih takjil buka puasa agar kesehatan tetap terjaga. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga