5 Cara Ampuh Atasi Kurang Tidur Saat Puasa Ramadan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 23 Maret 2023
0 dilihat
5 Cara Ampuh Atasi Kurang Tidur Saat Puasa Ramadan
Penting mengetahui cara untuk mengatasi kondisi kurang tidur saat puasa agar tetap produktif. Foto: hellosehat.com

" Selama bulan ramadan pola hidup mengalami perubahan, khususnya waktu tidur. Dengan adanya perubahan tersebut, seringkali seseorang berpuasa mengalami kurang tidur "

KENDARI, TELISIK.ID - Selama bulan ramadan pola hidup mengalami perubahan, khususnya waktu tidur. Dengan adanya perubahan tersebut, seringkali seseorang berpuasa mengalami kurang tidur.

Pada umumnya, dikutip dari wikipedia.org, kurang tidur yang juga dikenal sebagai insufisiensi tidur atau sulit tidur merupakan  kondisi tidak mendapatkan durasi dan/atau kualitas tidur yang memadai untuk mendukung kewaspadaan, kinerja, dan kesehatan yang layak.

Kondisi ini bisa bersifat kronis maupun akut dan dapat sangat bervariasi tingkat keparahannya.

Olehnya itu kita harus menjaga pola tidur agar tidak kekurangan tidur. Maka penting mengetahui cara untuk mengatasi kondisi tersebut.

Baca Juga: 4 Tips Tetap Aman Olahraga Saat Puasa

Melansir yoursay.id dari laman alodokter.com, berikut beberapa tips ampuh agar kamu tidak kekurangan tidur saat puasa:

1. Tidur lebih awal

Pada saat puasa, kamu perlu bangun lebih pagi untuk sahur. Untuk menyiasati agar tidak kurang tidur, kamu harus tidur sejak awal. Tujuannya karena agar tidurmu tidak kekurangan waktu.

Sebagai contohnya apabila telah selesai menjalankan ibadah tarawih dan setelah aktivitas malammu rampung, segeralah untuk pergi tidur lebih awal agar tidak kurang tidur walaupun telah bangun sahur.

2. Tidur siang

Jika kamu memiliki waktu luang disela-sela aktivitas, kamu bisa untuk mencoba tidur siang selama beberapa menit. Tujuannya untuk mengatasi kurang tidur pada malam harinya, sehingga ketika bangun kamu bisa bersemangat untuk beraktivitas kembali.

3. Olahraga

Olahraga bisa membuat tubuhmu menjadi sehat. Namun ketika puasa, perlu memperhatikan jenis olahraga apa yang akan kamu lakukan. Pasalnya jika melakukan olahraga terlalu berat bisa memicu rasa haus lebih cepat dan dehidrasi.

Beberapa diantara jenis olahraga yang bisa kamu coba yakni jogging, yoga, berjalan kaki santai, dan lain sebagainya. Olahraga ketika puasa bisa mengatasi stres dan memperbaiki kualitas tidurmu agar lebih baik.

4. Perhatikan asupan makanan

Memperhatikan asupan yang dimakan perlu kamu lakukan. Hal ini karena bisa mempengaruhi kualitas tidur kamu lho. Oleh sebab itu sebisa mungkin untuk tidak mengonsumsi makanan seperti terlalu pedas, terlalu berminyak, tinggi kalori hingga makanan dengan kandungan manis yang tinggi saat berbuka.

Kategori makanan-makanan yang telah disebutkan tadi bisa memicu sistem pencernaan bekerja lebih ekstra dalam mengolahnya sehingga bisa berisiko membuat tidurmu sulit untuk nyenyak.

Baca Juga: 6 Tips Mudah Bangunkan Anak Ikut Sahur

5. Kurangi mengonsumsi kafein

Kita ketahui jika mengonsumsi minuman yang mengandung kafein dapat membuat seseorang terjaga dan sulit untuk tidur. Hal ini bisa membuat jam tidurmu menjadi berantakan karena terjaga lebih lama. Selain itu dengan mengonsumsi kafein bisa menghambat produksi hormon yang mengatur untuk tidur.

Nah, itulah beberapa tips jitu yang bisa Telisikers lakukan untuk mengatasi kurang tidur saat puasa. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga