5 Cara Jitu agar Konsisten Menulis Setiap Hari

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 26 November 2022
0 dilihat
5 Cara Jitu agar Konsisten Menulis Setiap Hari
Kemampuan menulis merupakan salah satu skill yang tidak bisa digantikan oleh mesin atau robot. Foto: Repro google.com

" Salah satu keahlian yang penting dimiliki setiap orang adalah menulis. Namun untuk bisa memiliki skill ini kamu wajib konsisten latihan menulis setiap hari "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu keahlian yang penting dimiliki setiap orang adalah menulis. Namun untuk bisa memiliki skill ini kamu wajib konsisten latihan menulis setiap hari.

Dikutip dari liputan6.com, kemampuan menulis merupakan salah satu skill yang tidak bisa digantikan oleh mesin atau robot. Sebab menulis merupakan buah dari empati, berpikir kritis, kreativitas, strategi, imajinasi dan visi.

Itulah meski tidak semua menyadari, ternyata kemampuan menulis sangatlah tersambung erat dalam karier. Agar kemampuan penulisanmu bisa mendukung bisnis maupun target profesional yang kamu coba capai dalam karier, penting untuk konsisten menulis setiap hari agar skill ini bisa lebih terasah dengan baik.

Melansir yoursay.id, berikut beberapa cara jitu yang bis akita lakukan untuk konsisten menulis setiap hari:

Baca Juga: 4 Cara Mudah Kurangi Limbah Makanan, Patut Dicoba

1. Tentukan Target Harian

Hal pertama yang harus kamu lakukan agar bisa konsisten menulis adalah dengan menentukan target harian. Setiap harinya kamu perlu memiliki target seberapa banyak tulisan yang harus kamu buat.

Di awal membiasakan hal ini, kamu bisa memberikan target kepada dirimu sendiri untuk menulis satu tulisan setiap hari. Dengan begitu kamu akan berusaha untuk memenuhi target tersebut dan membuat kamu semangat untuk menulis. Kemudian jika kamu telah terbiasa, maka kamu bisa meningkatkan target harian sesuai dengan kondisimu sendiri.

2. Tanamkan Tanggung Jawab

Setelah kamu menentukan target harian, kamu bisa menanamkan rasa tanggung jawab dalam dirimu. Berusahalah untuk mencapai target tulisan yang telah kamu tetapkan, sehingga kamu akan terbiasa menulis dengan konsisten setiap hari.

Dan jika kamu tidak menulis atau tidak mencapai target tersebut maka akan timbul perasaan bersalah dalam diri. Berusahalah untuk menjadi sosok yang kurang bisa tenang jika tidak melampaui target tulisan perhari.

3. Temukan Ide di Media Sosial

Salah satu kesulitan yang kerap dialami oleh penulis adalah kehabisan ide tulisan. Sebenarnya, kamu bisa menemukan beragam ide di media sosial juga lho. Ketika kamu merasa telah kehabisan ide, kamu bisa meluangkan sedikit waktu untuk berselancar di media sosial. Kamu akan menemukan banyak hal menarik.

Kamu bisa jadikan hal tersebut sebagai topik tulisanmu. Bahkan kamu juga bisa mengembangkannya menjadi beberapa topik tulisan.

4. Atur Jadwal Menulis

Kamu bisa mengatur jadwal menulis dengan fleksibel. Tak perlu terlalu terpaku pada waktu ketika menulis. Usahakan kamu menulis ketika kamu sudah merasa siap untuk menjalani hari dengan menulis. Dengan membiasakan diri untuk menulis setiap hari, maka kamu akan menjadi terbiasa dan senang dalam menjalani rutinitas tersebut.

Baca Juga: 4 Ciri-Ciri Investasi Bodong yang Marak Terjadi

5. Paksakan untuk Menulis

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan agar terbiasa untuk menulis adalah dengan memaksakan diri untuk konsisten menulis setiap harinya. Hal ini tentu bukanlah hal mudah, ada banyak cobaan yang akan kamu hadapi termasuk rasa malas.

Oleh karena itu, kamu harus berusaha untuk menyingkirkan segala cobaan tersebut sehingga kamu dapat konsisten menulis. Jika kamu telah terbiasa untuk konsisten, maka kamu akan dengan mudah menyelesaikan tulisan setiap harinya.

Nah, itulah beberapa cara yang bis akita lakukan agar bisa konsisten menulis setiap hari dan menuai hasil baik. Selamat mencoba ya Telisikers. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: KardinĀ 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga